Hindari Kebiasaan Berikut Supaya Tidak Menjadi Korban Penipuan Online

Hindari Kebiasaan Berikut Supaya Tidak Menjadi Korban Penipuan Online

Penipuan online memang menjadi momok yang menakutkan bagi siapa saja yang menggunakan internet. Hal tersebut tidak lepas karena apabila Anda sampai menjadi korban penipuan online maka banyak sekali kerugian yang didapatkan. Mulai dari kerugian waktu, kerugian data privasi hingga tentunya kerugian yang paling utama adalah kerugian materi. Jadi tentunya bagi Anda yang tidak ingin mengalaminya maka sangat disarankan untuk berhati-hati.

Namun pada kenyataannya, masih banyak orang yang seringkali terkena penipuan online ini meskipun sudah berhati-hati. Hal tersebut nyatanya tidak bisa dilepaskan dari orang-orang yang sudah menjadi korban tersebut tetap melakukan kebiasaan yang tergolong salah. Bagi Anda yang tidak ingin sampai mengalaminya, maka sebaiknya hindari kebiasaan kebiasaan berikut supaya tidak menjadi korban penipuan online seperti ini.

Baca Juga 5 Cara Menangkal Serangan Hacker Ketika Belanja Online

Hindari Kebiasaan Berikut Supaya Tidak Menjadi Korban Penipuan Online

Hindari Kebiasaan Korban Penipuan Online

1. Kebiasaan Tidak Menggunakan Jasa Pihak Ketiga

Kebiasaan pertama yang kemudian seringkali membuat seseorang menjadi korban penipuan online adalah tidak menggunakan jasa pihak ketiga. Padahal dengan menggunakan jasa pihak ketiga ini maka banyak sekali keuntungan yang didapatkan. Salah satu keuntungan utamanya adalah Anda tidak akan menjadi korban penipuan karena uang transaksi diberikan kepada pihak ketiga terlebih dulu. Bukan langsung diberikan kepada pihak penjual. Jadi uang tersebut hanya akan dicairkan apabila produk si penjual memang sudah benar-benar sampai di tangan Anda. Hal ini pastinya bisa meminimalisir Anda dari risiko penipuan yang merugikan.

2. Kebiasaan Menggunakan Metode Pembayaran yang Tidak Biasa

Kebiasaan berikutnya yang juga seringkali dilakukan oleh orang-orang yang menjadi korban penipuan adalah dengan lebih memilih menggunakan metode pembayaran yang tidak biasa. Untuk metode pembayaran yang tidak biasa itu sendiri terdiri dari membayar melalui pulsa, menggunakan jasa pos bahkan hingga menggunakan bitcoin. Apabila Anda ditawari metode pembayaran seperti tersebut maka sebaiknya dihindari saja. Bukan tanpa alasan karena ternyata banyak cara yang dilakukan oleh penipu agar riwayat transaksi tidak bisa dicek. Untuk itulah, para penipu ini menggunakan metode pembayaran yang tidak biasa tersebut. Hal ini dilakukan dengan motivasi agar nantinya korban penipuan tidak bisa melacak jejak maupun lokasi dari pelaku penipuan. Cara untuk menghindarinya maka sebaiknya Anda hanya menggunakan metode pembayaran yang tergolong biasa dan juga normal.

Baca trik  Trik Sederhana Membuat Foto Long Expsosure Menggunakan iPhone

3. Tidak Meminta Nomor Resi Pengiriman

Resi pengiriman tentunya adalah hal penting yang mesti Anda minta ketika sudah melakukan transaksi pembelian produk di internet. Kesalahan banyak orang selama ini adalah enggan atau ragu-ragu untuk meminta nomor resi pengiriman. Padahal apabila Anda tidak mendapatkan nomor resi pengiriman maka akan mudah sekali bagi pihak penjual melakukan penipuan. Bagi Anda yang tidak ingin mengalaminya maka sangat disarankan untuk meminta nomor resi pengiriman. Jadi nantinya Anda bisa melacak produk yang sudah dibeli secara tepat.

4. Tidak Berhati-Hati Menggunakan Kartu Kredit

Satu kebiasaan terakhir yang kemudian membuat lebih mudah menjadi korban penipuan adalah dengan sembarangan menggunakan kartu kredit. Padahal seperti yang diketahui di dalam kartu kredit sendiri terdaapt banyak sekali informasi berharga dan pribadi yang Anda miliki. Solusi pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan berhati-hatilah ketika menggunakan kartu kredit.

Baca Juga 3 Situs Belajar Online Paling Mudah Dipahami Dan Bikin kamu Kaya Ilmu Pengetahuan

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang kebiasaan berikut supaya tidak menjadi korban penipuan online. Jadi nantinya Anda akan menjadi lebih waspada ketika ingin melakukan transaksi secara online sehingga terhindar dari aksi penipuan seperti yang satu ini.

Baca trik  Ketahui Daftar Aplikasi GPS Offline Terbaik untuk Ponsel Android
Hindari Kebiasaan Berikut Supaya Tidak Menjadi Korban Penipuan Online oleh agung rating 5