Ketahui 4 Kesalahan yang Membuat Laptop Menjadi Panas

  • Whatsapp
Ketahui 4 Kesalahan yang Membuat Laptop Menjadi Panas

Untuk bisa membuat performa laptop terus terjaga sekaligus bekerja dengan baik tentunya banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Tidak terkecuali suhu yang dimiliki oleh laptop tersebut. Sayangnya, masih banyak pemilik laptop yang seringkali tidak mengindahkan maupun memperhatikan suhu laptop tersebut. Padahal perlu diketahui bahwa suhu laptop juga termasuk ke dalam faktor penting yang mempengaruhi kinerja dan juga performa laptop.

Contoh sederhananya adalah ketika suhu laptop yang dimiliki ternyata terlalu tinggi maupun terlalu panas maka akan mengganggu kinerja yang dimiliki laptop tersebut. Termasuk membuat laptop menjadi lemot dan tidak responsif. Masalahnya masih banyak orang yang tidak menyadari melakukan kesalahan yang berakibat laptop menjadi cepat panas. Bagi Anda yang belum tahu, ada 4 kesalahan yang membuat laptop menjadi panas seperti berikut ini.

Baca Juga Mati Karena Overheat! 6 Cara Atasi Laptop Agar Tidak Cepat Panas

Ketahui 4 Kesalahan yang Membuat Laptop Menjadi Panas

4 Kesalahan yang Membuat Laptop Panas

1. Sembarangan Menempatkan Laptop

Kesalahan pertama yang tidak disadari banyak dilakukan orang yang kemudian berimbas membuat laptop menjadi cepat panas adalah sembarangan menempatkan laptop. Soalnya masih banyak yang beranggapan bahwa semua tempat itu sama dan juga tidak masalah untuk ditempatkan laptop. Padahal pada kenyataannya, tidak semua tempat cocok untuk diletakkan pada laptop. Contohnya adalah tempat yang tidak rata dan terlalu halus seperti kasur ataupun bantal. Apabila Anda tetap memaksakannya meletakan laptop di tempat seperti itu maka sirkulasi udara tidak bisa berjalan lancar dan kemudian berdampak membuat laptop menjadi panas. Cara untuk mencegahnya adalah dengan menempatkan laptop di tempat yang lebih rata dan kasar seperti meja belajar guna membuat sirkulasi udara dapat berjalan lancar.

2. Menempatkan Laptop di Suhu Tinggi

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa lingkungan di sekitar laptop tersebut juga akan mempengaruhi laptop tersebut. Contoh sederhananya adalah untuk lingkungan dengan suhu yang tinggi akan cepat sekali membuat laptop juga menjadi panas. Solusi yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya adalah dengan memperhatikan suhu di lingkungan sekitar. Apabila suhu di lingkungan sekitar Anda ternyata tergolong sudah panas maka segeralah berpindah tempat. Lebih baik, pindahkan laptop di lingkungan yang lebih sejuk dan tentunya juga tidak panas. Selain itu, Anda bisa melakukan solusi lain seperti menyalakan AC pada ruangan di mana Anda sedang menggunakan laptop tersebut. Hal ini sangat berguna untuk menjaga kondisi laptop agar tetap dingin dan tentunya tidak panas.

3. Tidak Menyesuaikan Pengaturan Laptop

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa banyak sekali faktor yang menyebabkan sebuah laptop menjadi cepat panas. Sayangnya, masih banyak pengguna laptop yang seringkali tidak menyadari kesalahan yang dilakukan sehingga membuat laptop menjadi panas. Salah satu kesalahan tersebut adalah dengan tidak menyesuaikan pengaturan laptop yang dimiliki. Pengaturan itu sendiri termasuk pengaturan tingkat kecerahan layar hingga volume yang dimiliki laptop. Sesuatu yang kemudian berimbas membuat laptop menjadi cepat panas.

4. Bermain Game Terlalu Lama

Sedangkan kesalahan terakhir yang juga seringkali masih sering dilakukan adalah dengan menggunakan laptop untuk bermain game dalam waktu terlalu lama. Apalagi kalau laptop tersebut tergolong bukan jenis laptop khusus game. Bisa dipastikan bahwa laptop tersebut akan mudah menjadi panas. Jadi sangat disarankan untuk bermain game di laptop sewajarnya saja.

Baca Juga Cara Paling Benar Mendinginkan Laptop Tanpa Risiko Berbahaya

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang 4 kesalahan yang membuat laptop menjadi cepat panas. Jadi setelah mengetahui berbagai kesalahan tersebut maka sudah menjadi tugas Anda untuk menghindari dan tidak melakukannya.