Ketahui Cara Memaksimalkan Fitur Offline Google Maps

Ketahui Cara Memaksimalkan Fitur Offline Google Maps

Mengetahui arah maupun lokasi pastinya adalah hal penting ketika Anda ingin berpergian ke sebuah tempat. Namun seperti yang diketahui bahwa banyak sekali tempat yang asing dan juga pastinya sulit dipahami dalam sekali waktu. Kondisi tersebutlah yang kemudian membuat Anda membutuhkan aplikasi yang mampu membantu dalam menunjukan arah dan lokasi yang diinginkan secara lebih mudah.

Untunglah, sekarang ini Anda sudah bisa mengandalkan aplikasi Google Maps yang sangat membantu. Soalnya aplikasi ini nantinya akan memberikan petunjuk maupuna arah ke mana tujuan yang ingin Anda tuju. Masalahnya adalah ketika Anda sedang berada di tempat yang tidak ada sinyal internet maka pastinya akan kesulitan untuk memanfaatkan aplikasi ini. Tenang saja, berikut ini cara memaksimalkan fitur offline dari aplikasi Google Maps.

Baca Juga 5 Fakta Menarik Google Maps Yang Jarang Diketahui

Ketahui Cara Memaksimalkan Fitur Offline Google Maps

1. Mengunduh Peta dari Arah yang Dibutuhkan

Pastinya akan ada sebuah momen yang mengharuskan Anda mendatangi sebuah tempat yang ternyata di sana sulit sinyal tapi Anda sendiri tidak tahu arahnya. Pastinya Anda akan kesulitan apabila tidak mendapatkan aplikasi dari Google Maps. Untungnya, Anda masih bisa mengandalkan Google Maps meskipun dalam kondisi offline sekalipun. Salah satunya dengan cara mengunduh peta dari arah maupun tempat yang ingin Anda tuju. Cara pertama adalah dengan membuka aplikasi Google Maps ketika sinyal internet masih terjangkau maupun Wifi. Jika sudah, maka segeralah buka icon tiga garis horizontal yang berada di kolom search. Pilih Offline Areas dan kemudian pilih tanda + dan barulah Anda memilih area maupun tempat yang ingin didwonload.

Baca trik  3 Aplikasi Edit Foto Untuk iPhone Terbaik Dengan Fitur Terlengkap

2. Menyimpan Peta Offline ke Micro SD

Tips berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menyimpan peta offline ke micro SD. Seperti yang diketahui bahwa ukuran dari peta offline seringkali cukup besar apalagi kalau peta yang dipilih dari tempat dengan cakupan area cukup luas. Pasti nantinya akan sangat membebani memori internal dari ponsel yang Anda miliki. Solusi untuk masalah ini tentunya memindahkan penyimpanan peta offline ke micro SD. Caranya sendiri tergolong mudah yaitu ketika aplikasi Google Maps memberikan opsi ingin disimpan di mana peta offlinenya maka Anda tingal pilih di Micro SD.

Biasanya pertanyaan yang muncul itu sendiri berbunyi “Where would you like to store your offline areas?” Lalu akan muncul dua pilihan yaitu Phone dan SD Card. Tentunya bagi Anda yang tidak ingin memenuhi memori internal maka pilihan jatuh pada Micro SD. Hal ini berguna agar memori internal dari gadget Anda masih berfungsi dengan baik nantinya.

3. Mengakfitkan Fitur Wifi Only

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengaktifkan fitur Wifi Only seperti yang satu ini. Dengan mengakfitkan fitur yang satu ini maka segera fitur maupun fungsi dari aplikasi Google Maps ini hanya bisa digunakan ketika ponsel terhubung dengan Wifi. Tenang saja, ketika Anda sedang menggunakan mode Wifi Only ini maka peta yang sudah diunduh sebelumnya tetap bisa Anda gunakan. Ditambah ketika Anda mengaktifkan mode yang satu ini maka tidak akan berpengaruh dengan aplikasi lainnya. Jadi Anda tetap bisa menggunakan ponsel yang dimiliki seperti biasa.

Baca trik  Cara Mengatasi Aplikasi Facebook Lite Tidak Bisa Dibuka Di HP Android

Baca Juga 3 Cara Melacak HP Android Yang Hilang Dengan Mudah Untuk Pemula

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang cara memaksimalkan fitur offline di aplikasi Google Maps. Jadi bagi Anda yang menggunakan aplikasi ini di tempat yang sulit mendapatkan sinyal internet maka sudah tidak perlu khawatir lagi. Soalnya berbagai tips di atas bisa dijadikan solusinya.

Ketahui Cara Memaksimalkan Fitur Offline Google Maps oleh agung rating 5
DMCA.com Protection Status