Langkah Hindari Pencurian Identitas Online yang Berbahaya

Langkah Hindari Pencurian Identitas Online yang Berbahaya

Di zaman, yang segala hal sudah terhubung dengan internet maka pastinya menuntut Anda untuk bisa menggunakan internet secara lebih efektif dan cepat. Tidak heran apabila kemudian banyak orang yang lebih mengandalkan internet guna menyelesaikan berbagai pekerjaannya daripada harus menggunakan cara konvensional.

Bukan tanpa alasan karena biasanya cara konvensional ini sendiri seringkali merepotkan dan memakan waktu terlalu lama. Meski begitu, risiko dari menggunakan cara online juga tergolong besar. Salah satu risikonya adalah seperti pencurian identitas yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab

Jika hal tersebut sampai maka kerugian moral hingga materil bisa mengancam Anda. Sebuah nasib buruk yang pastinya tidak ingin sampai Anda alami. Untuk itulah, ada langkah hindari pencurian identitas online yang berbahaya seperti berikut ini.

Baca Juga Hindari Kebiasaan Berikut Supaya Tidak Menjadi Korban Penipuan Online

Langkah Hindari Pencurian Identitas Online yang Berbahaya

Langkah Hindari Pencurian Identitas Online

Daftar isi

1. Waspada Permintaan Verifikasi Identitas

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan waspada terhadap permintaan verifikasi identitas. Seperti yang diketahui bahwa ketika Anda mengunjungi sebuah website resmi perbankan maupun pemerintahan maka Anda biasanya diminta melakukan verifikasi identitas.

Verifikasi identitas ini sendiri biasanya Anda diminta untuk mengirimkan foto diri dan foto identitas yang Anda miliki. Sangat disarankan bagi Anda untuk tidak langsung terburu-buru mengirimkan foto maupun foto identitas diri tersebut. Takutnya adalah apabila ternyata situs yang Anda kunjungi adalah tidak resmi dan nyatanya hanya ingin melakukan penipuan

Langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan terlebih dulu apakah situs yang Anda kunjungi tersebut resmi atau malah sebaliknya. Jika sudah yakin, barulah Anda melangkah ke proses selanjutnya.

2. Perhatikan Kualitas Teks

Kualitas teks yang dimiliki oleh situs tersebut juga mesti menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda. Soalnya untuk situs yang resmi maka bisa dipastikan bahwa kualitas teks yang dimiliki bisa dipastikan sempurna dan juga tidak memilih kesalahan seperti typo atau kata yang hilang.

Apabila sampai yang terjadi maka sebaliknya maka sebaiknya Anda mulai waspada. Soalnya besar kemungkinannya bahwa situs tersebut ternyata palsu dan hendak melakukan penipuan atau bahkan melakukan pencurian identitas yang Anda miliki.

3. Periksa Asal Pesan

Kekeliruan yang seringkali masih dilakukan banyak orang adalah dengan percaya begitu saja terhadap setiap pesan online yang masuk ke akun mereka. Padahal kekeliruan inilah yang meningkatkan risiko pencurian data identitas yang dilakukan pihak tidak bertanggung jawab.

Bagi Anda yang tidak ingin mengalami hal tersebut maka disarankan sekali untuk melakukan pemeriksaan asal pesan. Pastikan bahwa pesan tersebut memang dari pihak resmi, web resmi dan tentunya menggunakan web resmi.

4. Hubungi Layanan Pelanggan Resmi

Apabila Anda memang memiliki keraguan bahwa situs tersebut tergolong resmi atau tidak maka ada baiknya untuk menghubungi layanan pelanggan resmi. Nantinya dengan melakukan hal tersebut maka Anda bisa melakukan pertanyaan langsung tentang situs tersebut.

Namun yang perlu menjadi catatan adalah sebaiknya Anda menghubungi layanan pelanggan yang memang resmi bukan yang tercantum di situs tersebut. Soalnya bisa saja nomor tersebut telah dimanipulasi.

5. Gunakan Aplikasi Antivirus Andal

Sedangkan langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi antivirus yang andal. Soalnya dengan menggunakan aplikasi antivirus andal ini maka Anda bisa mencegah berbagai serangan berbahaya seperti virus maupun malware yang bisa saja mencuri identitas Anda.

Baca Juga Tips Cerdik Menghindari Penipuan Toko Online Paling Terbaru

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang langkah hindari pencurian identitas online yang berbahaya. Jadi hindari hal tersebut dengan berbagai tips seperti di atas.