Langkah Terbaik Perbaiki Play Store yang Terus Mengalami Error

Langkah Terbaik Perbaiki Play Store yang Terus Mengalami Error

Google Play Store tentunya sudah tidak asing lagi dengan semua pengguna android. Alasannya tentu sangat sederhana karena Google Play Store ini sendiri adalah penyedia aplikasi bagi seluruh pengguna ponsel Android. Jadi bagi Anda yang ingin mencari dan menambahkan aplikasi pada ponsel maka bisa mencarinya di Google Play Store. Di bawah lindungan langsung dari Google tentunya semua aplikasi yang ada di sana sudah terjamin aman dan juga bebas virus.

Lain cerita, ketika Anda mengisntall aplikasi dari website sembarangan maka besar sekali risikonya bahwa aplikasi tersebut membawa virus yang berbahaya. Di balik semua keunggulannya ternyata Google Play Store ini tetap memiliki kekurangan. Salah satunya adalah Play Store yang terus mengalami error sehingga tidak Untungnya, ada langkah terbaik perbaiki Play Store yang terus mengalami Error seperti berikut ini. 

Baca Juga Tips Termudah Membedakan Aplikasi Asli dengan Palsu Playstore

Langkah Terbaik Perbaiki Play Store yang Terus Mengalami Error

Langkah Perbaiki Play Store Error

1. Kosongkan Cache

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya adalah dengan mengosongkan maupun membersihkan cache. Masalahnya adalah selama ini masih banyak yang beranggapan bahwa menumpuk cache ini bukanlah sesuatu yang patut maupun bisa dipermasalahkan. Padahal pada kenyataannya dengan Anda membiarkan cache ini terus menumpuk maka akan membawa banyak masalah pada ponsel maupun aplikasi di dalamnya. Tidak terkecuali membuat Play Store menjadi error. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus maupun mengosongkan cache tersebut.

Bagi Anda yang belum tahu caranya, maka bisa diawali dengan membuka menu settings terlebih dulu lalu pilih menu aplikasi. Jika sudah, lanjutkan dengan mencari aplikasi Google Play Store di bagian all. Barulah Anda memilih Empty Cache guna mengosongkan cache yang masih berada di sana. Setelah Anda melakukan hal ini maka biasanya Play Store akan menjadi lebih ringan dan bisa dibuka lagi seperti semula.

2. Mulai Menghapus Data

Bukan hanya cache yang mesti Anda hapus tapi sebaiknya Anda juga mulai menghapus data pada aplikasi. Tentunya data yang mesti dihapus tersebut adalah data yang masih ada di Google Play Store tersebut. Membiarkan data tersebut menumpuk maka akan meningkatkan kemungkinan bahwa banyak terjadi masalah pada Play Store tersebut. Cara untuk menghapus data ini sendiri tergolong sangat mudah dan tidak akan merepotkan Anda. Untuk caranya sendiri persis dengan cara di atas dan nantinya Anda hanya perlu menggantinya dengan “Hapus Data” untuk mulai menghapus data tidak penting pada Play Store. Nantinya Play Store bisa digunakan lagi seperti biasa.

3. Uninstall Update Play Store

Cara berikutnya yang masih bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah yang satu ini adalah dengan menguninstall update Play Store. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa cara yang satu ini ternyata ampuh untuk mengatasi Play Store yang bermasalah. Caranya juga sama seperti di atas hanya saja nantinya Anad memilih Uninstall Updae Play Store.

4. Hapus Cache di Google Play Services

Sedangkan cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus cache di Google Play Services. Soalnya seperti yang diketahui bahwa ketika Google Play mengalami masalah maka Anda juga harus memperbaiki Google Play Servicesnya. Caranya adalah dengan menghapus cache yang ada di Google Play Services. Caranya sendiri persis seperti di atas, Anda hanya tinggal menjatuhkan pilihan pada Google Play Services

Baca Juga Cara Termudah Instal Aplikasi yang Tidak Tersedia di PlayStore

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang langkah terbaik perbaiki Play Store yang terus mengalami error. Jadi apabila Anda menghadapi masalah yang satu ini maka Anda sudah tahu cara menyelesaikannya.