Mati Karena Overheat! 6 Cara Atasi Laptop Agar Tidak Cepat Panas

Pernah kah kamu mengalami laptop mati dengan sendirinya saat digunakan? kemungkinan besar hal tersebut terjadi karena overheat pada beberapa komponen seperti salah satunya prosessor. Untuk menghindari hal tersebut tidak terulang kembali sebaiknya perhatikan hal-hal yang bisa saja menyebabkan suhu panas laptop meningkat.

Mati Karena Overheat! 6 Cara Atasi Laptop Agar Tidak Cepat Panas

Mati Karena Overheat! 5 Cara Atasi Laptop Agar Tidak Cepat Panas
Untuk mencegah suhu laptop tetap stabil apalagi saat digunakan mending atasi dengan 6 cara berikut ini. Penasaran kan? yuk langsung saja simak ulasannya.

1. Bersihkan Cooling Fan

Cooling Fan atau kipas pendingin ini berperan penting untuk mengatur suhu laptop dengan cara mengeluarkan suhu panas dari dalam laptop dan menggantinya dengan udara baru. Cooling fan ini biasanya menjadi salah satu komponen laptop tempat debu dan kotoran lainnya hinggap yang membuat putarannya menjadi lambat. Nah jika putaran cooling fan ini melambat otomatis suhu panas laptop tidak dapat teratasi dengan baik.

Baca trik  10 Penyebab Dan Cara Atasi Laptop Kamu Yang Lemot

Baca juga: Cara Atasi PC Hidup Tapi Tidak Ada Tampilan

2. Jalankan Software Ringan

Jalankan Software Ringan Saja
Berikutnya adalah jalankan software yang ringan saja pada laptop karena semakin besar jenis software yang kamu jalankan pada laptop maka kinerja laptop juga semakin maksimal yang membuatnya cepat panas. Hal ini sebenarnya hanya berlaku untuk jenis laptop yang memiliki spesifikasi rendah tapi jika spesifikasi laptop kamu dirasa mumpuni tidak menjadi masalah jika menjalankan software yang berat.

3. Gunakan Sistem Operasi Ringan

Sistem operasi memang merupakan hal penting tanpa adanya sistem operasi laptop tidak bisa membuka menjalankan software-software lainnya. Untuk menghindari masalah over heat pada laptop sebaiknya jangan menggunakan sistem operasi yang tidak seimbang dengan spesifikasi laptop kamu. Misalnya saja laptop kamu hanya memiliki RAM 1GB, Prosessor Core two duo ya mungkin cukup menggunakan sistem operasi jenis Linux atau Windows XP saja.

4. Gunakan Cooling Pad Eksternal

Gunakan Cooling Pad Eksternal
Cooling Pad merupakan aksesoris tambahan laptop yang kadang dianggap sepele untuk digunakan padahal memiliki fungsi yang cukup besar dalam hal mendinginkan laptop. Tapi ada juga yang berpendapat menggunakan Cooling Pad eksternal pada laptop malah membuat laptop jadi panas karena Cooling Pad mengambil tegangan daya listrii dari USB laptop.

5. Gunakan Laptop Se Efisien Waktu

Jangan menggunakan laptop terlalu lama karena juga dapat membuat suhu laptop meningkat. Gunakan laptop 2-3 jam saja baru di istrahatkan sebelum digunakan kembali.

Baca trik  Apakah Mengetik Harus Butuh Laptop?

Baca Juga: Daftar Situs Untuk Download Software PC Gratis Dan Lengkap

6. Jangan Gunakan Ditempat Yang Empuk

Jangan Gunakan Ditempat Empuk
Hayoo siapa nih yang sering menggunakan laptop diatas sofa ataupun kasur? memang mungkin itu adalah tempat ternyaman menggunakan laptop bagi sebagian orang. Tapi perlu kamu ketahui bahwa menggunakan laptop ditempat yang empuk dapat menutup lubang ventilasi udara laptop yang biasanya berada pada bagian bawah dan samping laptop. Pada saat lubang ventilasi udara laptop ini tertutup maka suhu panas akan semakin meningkat karena udara panas tidak dapat keluar dengan baik.

Itulah 5 cara atasi laptop agar tidak cepat panas, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Mati Karena Overheat! 6 Cara Atasi Laptop Agar Tidak Cepat Panas oleh selviherdawati rating 5