Penyebab Fingerprint Smartphone Cepat Rusak

Jika dulu tingkat pengaman utama hanyalah sebuah kunci pola dan sandi saat ini hampir semua jenis smartphone sudah dilengkapi dengan fitur fingerprint. Fingerprint adalah fitur yang dapat kita gunakan untuk buka kunci smartphone dengan sidik jari. Jadi smartphone yang ada fitur fingerprint-nya hanya dapat dibuka oleh sidik jari pemilik atau yang sudah pernah ia rekam sebelumnya.

Selain lebih mempermudah pengguna untuk buka kunci smartphone, Fingerprint juga diklaim cukup ampuh melindungi smartphone diakses oleh orang asing. Berbeda dengan kunci pola atau sandi tergolong masih bisa dibobol orang lain jika orang tersebut pernah melihat kita membuka kunci smartphone.

Penyebab Fingerprint Smartphone Cepat Rusak

Penyebab Fingerprint Smartphone Cepat Rusak

Terlepas dari situ, fitur Fingerptint ini merupakan salah satu komponen smartphone yang paling sering rusak. Selain karena faktor kualitas dari smartphone itu sendiri ternyata ada beberapa kebiasaan pengguna seperti berikut ini yang dapat membuat Fingerprint cepat rusak.

1. Terlalu Banyak Merekam Sidik Jari

Hampir disetiap smartphone yang memiliki fitur Fingerprint dapat merekam lebih dari 1 jari penggunanya. Namum walaupun fitur Fingerprint yang ada di smartphone kamu dapat merekam lebih dari 1 jari sebaiknya rekam 1 jari saja, hal ini demi menghindari penumpukan data sidik jari yang bisa saja membuat komponen tersebut jadi lemot.

Baca Juga: 6 Smartphone Android Murah Yang sudah Ada Fitur Slow Motion

Hanya saja hanya merekam 1 sidik jari juga sebenarnya beresiko, jika terjadi hal yang tidak diinginkan misalnya jari kamu terluka maka tidak ada sidik jari cadangan yang bisa kamu gunakan. Jadi sebaiknya gunakan kunci pola pada smartphone-mu sebagai cadangan jika sewaktu-waktu fitur Fingerprint di smartphone-mu tidak bisa kamu gunakan.

2. Scan Dengan Jari Basah

Scan Jari Basah

Ini adalah kebiasaan banyak pengguna yang kedua yang dapat merusak Fingerprint smartphone, yakni scan jari dalam keadaan basah terkena air ataupun keringat. Air bisa saja merusak panel Fingerprint yang bersifat sensitif, selain itu pula biasanya Fingerprint tidak bisa mendeteksi sidik jari kamu jika terhalang sesuatu seperti air. Jadi sebelum menggunakan fitur Fingerprint pastikan tangan kamu dalam keadaan benar-benar kering.

3. Scan Dengan Jari Kotor

Scan dengan jari tangan kotor sebenarnya hampir sama dengan point sebelumnya ‘scan dengan jari basah’, karena tangan yang kotor juga dapat membuat panel Fingerprint tergores. Seperti yang sudah kami sebutkan bahwa panel Fingerprint memiliki sifat yang sensitif sehingga jika terjadi goresan bisa saja membuatnya rusak.

Baca Juga: 3 Aplikasi Launcher Untuk Android Terbaik Dan Paling Keren

4. Tergores Benda Tajam

Tergores Benda Tajam

Kami sudah menyimpulkan sebelumnya bahwa Fingerprint yang memiliki banyak goresan bisa menyebankan kemungkinan besar terjadi kerusaka. Oleh karena itu hindari panel Fingerprint kamu dari benda-benda tajam seperti misalnya jangan memasukannya kekantong yang juga berisi uang receh atau kunci kendaraan, hingga hindari kuku panjang.

Nah itulah 4 penyebab Fingerprint smartphone cepat rusak, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.