Penyebab Foto Tiba-Tiba Hilang di Galeri Smartphone

Saat ini sendiri smartphone tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja, tapi juga bisa digunakan untuk menyimpan foto-toto kita dari fitur kamera yang disematkan pada smartphone. Nah dalam sebuat smartphone ada aplikasi bawaan bernama Galeri yang mana di aplikasi tersebutlah kita dapat mengakses atau melihat foto kita yang tersimpan di media penyimpanan internal smartphone.

Penyebab Foto Tiba-Tiba Hilang di Galeri Smartphone

Penyebab Foto Tiba-Tiba Hilang di Galeri Smartphone

Berbicara soal aplikasi bawaan ‘Galeri’ smartphone ada salah satu masalah yang kerap ditemui oleh penggunanya yakni foto hilang secara tiba-tiba. Kenapa masalah tersebut bisa terjadi? ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

1. Cache Yang Menumpuk

Penyebab foto tiba-tiba hilang di galeri smartphone yang pertama adalah karena cache atau file sampah yang menumpuk. Setiap kali kita buka aplikasi pasti ada file sampahnya (Cache) jadi rajin-rajinlah bersihkan file sampah di smartphone-mu karena bisa saja menyebabkan foto yang ada didalam smartphone hilang secara mendadak karena kekurangan ruang penyimpanan.

Baca Juga: Bagaimana Cara SHAREit File Dari Smartphone ke Komputer?

2. Smartphone Kena Virus

Smartphonr Kena Virus

Walaupun secara awam saya rasa kita sudah dapat memahami bahwa virus merupakan file yang bisa saja membahayakan sistem operasi smartphone dan juga file yang didalamnya. Sebagian besar virus smartphone timbul dari internet, biasanya kita secara tidak sadar download aplikasi atau file-file disitus yang kurang terpercaya padahal sudah diisi dengan virus

Jadi Virus ini jika menyerang smartphonemu bisa saja membuat foto-foto kamu yang ada digaleri hilang karena filenya sudah rusak dan tidak bisa terbaca oleh sistem atau aplikasi galeri. Jadi bijaklah dalam menggunkana internet, jangan asal klik link atau download file di sembarangan situs.

3. Memori Smartphone Penuh

Sebelum ruang memori penyimpanan smartphonr benar-benar penuh, biasanya kita akan mendapatkan notifikasi untuk membebaskan ruang terlebih dahulu. Segeralah bersihkan beberapa file yang tidak penting saat menerima notifikaai tersebut karena jika diabaikan dampaknya bisa saja membuat foto di galeri hilang, bisa karena ruang penyimpanan error atau file jadi rusak.

Jadi jika kamu suka mengolekso foto-foto di smartphone sebaiknya gunakan memori eksternal tambahan jika memori internal dirasa tidak cikup. Dan pastikan juga beli memori eksternal yang berkualitas yaa.

4. Encode Tidak Berfungsi

Jika foto yang tiba-tiba hilang di galeri berasal dari internet besar kemungkinan foto tersebut mengandung virus. Hal ini dikarenakan sandi yang melekat atau encode di file tersebut tidak bekerja dengan baik sehingga file jadi corrupt atau rusak.

Baca Juga: Ketahui Alasan yang Membuat Ponsel Xiaomi Diincar Banyak Orang

5. Mamori Sering di Bongkar Pasang

Bongkar Pasang Memori

Penyebab yang terakhir adalah memori terlalu sering di bongkar pasang, tapi hal ini sebenarnya kebanyakan terjadi pada memori eksternal yang tidak memiliki kualitas cukup baik. Ada dua yang menyebabkan foto hilang karena chipset memori jadi rusak atau terserang virus karena dihubungkan ke perangkat lain seperti laptop atau komputer.

Nah itulah penyebab foto tiba-tiba hilang di galeri smartphone, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.