Penyebab Hardisk Rusak Yang Perlu Kamu Ketahui

Baik hardisk eksternal ataupun internal merupakan komponen penting komputer apalagi khusus untuk hardisk internal disini sistem operasi dan data-data komputer disimpan. Karena komputer tanpa hardisk mustahil bisa berjalan, kenapa? karena komputer tidak bisa digunakan tanpa adanya sistem operasi yang terinstall nah jadi kita mau install sistem operasi dimana kalau hardisk-nya nggak ada.

Jadi rawatlah hardisk kamu dengan baik, karena jika sampai tiba-tiba rusak dan banyak data penting didalamnya itu pasti suatu masalah yang cukup besar.

Penyebab Hardisk Rusak Yang Perlu Kamu Ketahui

Penyebab Hardisk Rusak Yang Perlu Kamu Ketahui

Jadi sesuai dengan judul artikel kita pada kali ini kamu akan membahas tentang penyebab hardisk rusak, yang kami rangkum diulasan berikut ini sebagi contoh hal-hal yang perlu kamu hindari demi hardisk agar lebih awet digunakan.

1. Overheat

Overheat

Overheat atau terlalu panas pada hardisk bisa disebabkan oleh banyak hal diantara penggunaan yang terlalu lama, mengolah data terlalu banyak, serta kipas pendingin yang mati atau kurang kencang. Jika dilihat dari kasus-kasus sebelumnya banyak hardisk rusak yang menjadi penyebab utamanya adalah overhet.

Baca trik  Tips Terjitu Mengatasi Masalah Wifi No Hardware Installed pada Macbook

Jadi untuk menghindari overheat pada hardisk sebaiknya jangan menyimpan data hingga storage-nya penuh karena akan bekerja secara optimal, jangan menggunakan terlalu lama hingga lebih dari 24 jam misalnya serta kalau bisa tambahkan kipas pendingan tambahan untik hardisk.

Baca Juga: 3 Aplikasi Untuk Mempercepat Download Pada PC Terbaik Dan Super Cepat

2. Benturan

Hardisk biasanya error bahkan sampai tidak mau terbaca dikarenakan terbentur dengan kuat. Yaaa sama seperti yang kita ketahui bahwa hampir rata-rata benda elektronik tidak bisa terbentut kuat karena bisa saja jadi rusak, hanya saja mungkin pada hardisk agak lebih sensitif.

Jadi kamu lebih berhati-hati lagi baik hardisk ekternel ataupun internal jika membawanya kemanapun sebaiknya beri pelindung tambahan yang empuk agar jika tidak sengaja terbentur atau terjatuh bisa sedikit meminimalisir resiko kerusakan.

3. Sering Lakukan Instalasi

Sering lakukan instalasi

Sering lakukan instalasi bisa buat hardisk lebih cepat rusak atau bad sector yang cukup sulit untu diperbaiki. Hal ini dikarenakan saat kita melakukan instalasi baik sistem operasi atau software tambahan hardisk akan bekerja secata ekstra, jadi jika sering melakukan instalalsi akan lebih cepat merusak hardisk.

Baca trik  Cara Menghindari Kuota Internet Membengkak di Gadget Terbaru

4. Penggunaan Berlebihan

Menggunakan hardisk secara berlebihan dalam jangka waktu lama baru dimatikan selain bisa menyebabkan overheat seperti point yang pertama juga bisa cepat merusak komponen karena terus bekerja. Hal ini sering terjadi pada hardisk jenis HDD yang mana cara kerjanya masih menggunakan piringan.

Baca Juga: 2 Cara Memperbarui Windows 10 Dengan Mudah Dan Gratis

5. Usia Hardisk

Yaaa yang tak bisa untuk kita hindari salah satu penyebab utama hardisk rusak adalah karena memang sudah waktunya atau alias faktor usia. Biasanya sih hardisk yang sudah digunakan selama 5 tahun keatas sudah muncul tanda-tanda kerusakan.

Nah itulah penyebab hardisk rusak yang perlu kamu ketahui, semoga artikel ini bisa bermabfaat untuk kita semua.

Penyebab Hardisk Rusak Yang Perlu Kamu Ketahui oleh selviherdawati rating 5/ 5