Dark Mode :

Resiko Smartphone Terlalu Banyak Aplikasi

Ada beberapa pengguna smartphone yang memiliki kebiasaan suka menyimpan banyak aplikasi pada smartphone. Install aplikasi sebenarnya sah-sah saja dilakukan asal belum melampaui batas spesifikasi smartphone.

Resiko Smartphone Terlalu Banyak Aplikasi

Resiko Smartphone Terlalu Banyak Aplikasi

Namun perlu diektahui juga bahwa ada beberapa dampak resiko seperti berikut ini jika smartphone-mu memiliki terlalu banyak aplikasi.

1. Smartphone Jadi Lambat

Banyak aplikasi akan membebani RAM oleh karenanya kinerja smartphone jadi lebih lambat. Hal ini dikarenakan banyak aplikasi yang ter-install tanpa sepengetahuan kita berjalan secara otomatis di belakang layar meskipun kita tidak pernah membukanya, kita ambil contoh aplikasi seperti chatting misalnya terus mengirim notifikasi pesan meski kita tidak pernah membukanya alias terus berjalan dibelakang layar.

Nah selain itu juga, banyak aplikasi di smartphone tidak menutup kemungkinan penggunanya juga banyak menjalankan aplikasi diwaktu yang bersamaan. Hal tersebut tentunya akan buat smartphone lemot, bahkan error saat RAM sudah terlalu terbebani.

Baca Juga: Penyebab Dan Solusi Hp Tidak Bisa Menerima Panggilan

Baca Trik
3 Smartphone Vivo Terbaik Dan Paling Canggih

2. Lama Saat Booting

Lama Saat Booting

Booting adalah proses menghidupkan smartphone, dan apakah kamu pernah merasakan proses booting lama pada smartphone-mu?. Salah satu penyebab proses booting pada smartphone adalah karena terlalu banyaknya aplikasi yang ter-intsall di smartphone.

Mengapa demikian? karena saat proses booting sistem smartphone juga akan ikut menghidupkan aplikasi secara otomatis. Bagaimana cara mencekal aplikasi hidup secara otomatis saat proses booting? hal ini sudah diatur oleh sistem smartphone dan tak ada cara untuk mencekal aplikasi hidup secara otomatis kecuali smartphone kita sudah di Root.

Root berarti sudah mengijinkan pengguna atau user untuk memodifikasi sistem operasi sesuka hati mereka. Untuk melakukan Root kamu bisa menggunkan aplikasi tambahan yang dapat kamu download secara gratis di Google Play Store.

3. Baterai Cepat Habis

Hal ini berhubungan dengan point pertama tadi yakni banyaknya aplikasi yang berjalan dibelakanh layar memaksa smartphone untuk terus bekerja secara maksimal dan untuk bekerja secara maksimal smartphone butuh banyak dukungan daya listrik dari baterai. Jadi dari sini kita simpulkan bahwa semakin banyak aplikasi yang berjalan dibelakang layar maka akan semakin boros pula pemakaian baterai pada sebuah smartphone.

Baca Trik
Cara Mengatasi Aplikasi Facebook Lite Tidak Bisa Dibuka Di HP Android

Baca Juga: Tips Atasi Smartphone Basah Kena Air Hujan

4. Ruang Penyimpanan Penuh

Ruang Penyimpanan penuh

Hal ini mengarah pada ketidakstabilan smartphone dalam artian ruang penyimpanan penuh karena banyaknya aplikasi yang terpasang. Banyak orang yang salah kaprah karena mereka memiliki ruang penyimpanan smartphone misalnya sebesar 64 GB menganggap semuahnya bisa digunakan untuk menyimpan aplikasi.
Tapi nyatanya dari 64 GB ruang penyimpanan smartphone biasanya kita hanya diberi 8 GB penyimpanan untuk sistem. Jadi hanya 8 GB yang dapat kamu gunakan untuk menyimpan aplikasi.

Kesimpulan

Jadi untuk menjaga kinerja smartphone kamu tetap stabil bijaklah dalam menyortir aplikasi, Uninstall saja aplikasi-aplikasi yang tidak pernah kamu gunakan.

Nah itulah beberapa resiko smartphone terlalu banyak aplikasi, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Resiko Smartphone Terlalu Banyak Aplikasi oleh rating 5/ 5