Smartphone Rusak! Beli Lagi Atau Service?

Saat ini jaman serba modern yang menudukung kemajuan dunia teknologi salah satunya dibidang smartphone yang memberi penggunanya mengakses segala kemudahan lewat genggaman seperti buka internet, sms-an, teleponan dan masih banyak manfaat smartphone lainnya. Berbicara soal smartphone mungkin benda digital yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari manusia untuk saat ini, oleh karena itu jangan heran jika benda ini termaksud benda elektronik yang banyak rusak setiap harinya.

Smartphone Rusak! Beli Lagi Atau Service?

Smartphone Rusak! Beli Lagi Atau Ganti Baru?
Nah seperti judul artikel diatas tadi, jika smsrtphone rusak lebih mending pilih yang mana antara beli lagi atau memperbaikinya ditukang service?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

Baca juga: 5 Fungsi Mode Pesawat Yang Tidak Kita Ketahui

Cari Tahu Komponen Yang Rusak

Nah langkah yang pertama untuk menjawab pertanyaan diatas tadi adalah dengan mencari komponen yang rusak terlebih dahulu. Langkah ini untuk mengetahui seberapa parah kerusakannya dan juga untuk memastikan apakah komponen tersebut dalam kartu garansi, seperti saat ini ada beberapa merek smartphone tertentu yang menggaransi layar touchscreen-nya jadi ketika rusak bisa klaim garansai di service center resminya.

Baca trik  4 Bukti Mi Mix 2 adalah Smartphone yang Tangguh

Nah jika komponen smartphone kamu masuk dalam daftar yang digaransikan oleh perusahaan bukan hal yang tak mungkin kamu bisa memperbaikinya tanpa dipungut biaya. Namun jika sebelumnya kamu membeli smartphone tersebut bukan pada agen resmi yang tidak bergaransi mungkin harus keluar duit untuk manghadapi masalah ini.

Hitung Ongkos dan Lama Perbaikannya

Hitung Ongkos dan Lama Perbaikan
Selanjutnya setelah mengetahui komponen yang rusak coba tanya ketukang service terdekat dari tempat tinggal-mu tentang berapa harga komponen tersebut serta biaya jasa sevice dan dan lama perbaikan. Misalnya saja harga komponen yang rusak kisaran 500 ribuan ongkos pasang 70 ribu sedangkan harga baru smsrtphone kamu tersebut adalah 1,2 juta. Sampai disini mungkin kamu sudah bisa berpikir untuk menemukan jawabannya sendiri antara bawa ketukang service atau beli smartphone baru.

Amankan Data

Data merupakan hal yang dirasa paling penting mungkin hampir setiap pemiliki perangkat/akun digital. Oleh karena itu amankan data kamu dari smartphone sebisa mungkin sebelum membawanya ketukang service apalagi jika smartphone kamu tidak terlindungi dengan password atau kunci pengaman maka setelah kembali baik tukang service bisa mengakses data-data kamu.

Baca trik  5 Kebiasaan Kita Penyebab Laptop Cepat Rusak

Baca juga: Cara Mengatasi HP Android Yang Bootloop Tanpa PC

Nah dalam hal ini jika kamu menyimpan data-data pribadi dalam smartphone yang dianggap cukup dirahasiakan untuk siapapun sebaiknya mending ganti smartphone baru saja karena kita tidak pernah menjamin smartphone rusak kamu setelah diperbaiki pihak service tidak iseng-iseng buka file/data smartphone-mu.

Upgrade Smartphone

Upgrade Smartphone
Smartphone rusak mungkin adalah salah satu kesempatan kamu untuk upgrade smartphone karena pada hal ini bisa kamu manfaatkan untuk beli smartphone baru. Jadi kamu bisa upgrade ke smartphone yang kapasitas penyimpanannya, kamera, RAM, prosessor dan lainnya yang lebih baik.

Nah itulah beberapa hal yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan apakah beli baru atau service saat smartphone rusak, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Smartphone Rusak! Beli Lagi Atau Service? oleh selviherdawati rating 5