Tanda IC Power Smartphone Android Kamu Rusak

Dalam sebuah smartphone Android banyak terdapat komponen-komponen dengan fungsinya dan tugasnya masing-masing. Salah satu komponen penting dalam samrtphone Android adalah IC Power.
Sesuai dengan judul artikel kita pada kali ini kami akan beri tahu ke kamu beberapa tanda IC Power smartphone Android rusak serta penyebabnya. Namun sebelum lanjut lebih jauh perlu kita ketahui terlebih dahulu apa itu IC Power sebenarnya.

Apa itu IC Power?

Penyebab IC Power Rusak

Tugas IC Power pada smartphone Android ini sebenarnya memiliki cara kerja yang hampir-hampir mirip dengan Power Supply pada kompter, jadi IC Power ini adalah pembagi daya ke komponen yang ada di dalam PCB seperti layar smartphone hingga IC lainnya. Sampai disini mungkin kamu sudah cukup mengerti tentang apa itu IC Power secara garis besar.

Apa Penyebab IC Power Rusak?

Penyebab IC Power Rusak

Penyebab IC Power rusak juga perlu kita ketahui agar jika beberapa hal berikut ada yang menjadi kebiasaan kamu bisa ditinggalkan agar IC Power lebih awet penggunaannya. Inilah neberapa penyebab IC Power smartphone Android rusak.

– Termakan Usia : Ya IC Power smartphone android ini sangat rentan rusak pada smartphone yang pemakaiannya 5 tahun keatas. Hal ini sebenarnya tidak bisa dihindari karena sudah ditentukan oleh usia smartphone.

Baca Juga: Budget 2 Jutaan! Pilih Realme 5 Atau 5i?

– Mengisi Daya Terlalu Lama : Ngecas smartphone terlalu lama akan membuat IC Power rusak dikarenakan selalu bekerja dengan optimal. Hayoo siapa yang sering ngecas smartphone malam hari dan dicabutnya nanti bangun besok pagi?, sebaiknya kebiasaan itu ditinggalkan yaa agar tidak cepat merusak IC Power smartphone kamu.

– Terkena Air : IC Power ini adalah komponen yang memiliki tegangan listrik dan seperti yang kita ketahui bahwa listrik dengan air tidaklah bersahabat karena bisa menyebabkan koslet. Tak hanya komponen IC Power saya rasa hampir semua komponen yang ada dalam smartphone akan rusak jika terkena air.

– Sering Disambungkan ke Speaker : IC Power hanya akan menyuplai beberapa komponen PCB dengan tegangan sesuai dengan yang dibutuhkan. Nah jadi menyambungkan smartphone ke speaker bukalan hal yang baik karena akan cepat merusak IC Power karena tegangan yang jauh berbeda.

Tanda IC Power Rusak

Tanda IC Power Rusak

– Mati Total : Smartphone mati total, ya seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa IC Power adalah pembagi daya kebeberapa komponen smartphone sehingga jika IC power rusak otomatis semua komponen tidak bisa berjalan membuat smartphone mati total.

Baca Juga: Tips Termudah untuk Bisa Membeli Ponsel iPhone yang Asli

– Sinyal Hilang : Inilah adalah tanda jika IC Power belum rusak parah yakni sinyal hilang atau tidak stabil. Hal tersebut diakibatkan daya yang dialirkan dari IC power ke komponen penangkap sinyal mulai tidak stabil.

Nah itulah tanda IC Power smartphone kamu rusak, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.