Dark Mode :

Tips Atasi Smartphone Basah Kena Air Hujan

Smartphone mungkin merupakan benda elektronik yang selalu kita bawa kemana-mana, salah satunya jika kita sedang bepergian menggunakan sepeda motor dan tiba-tiba terjadi hujan tak jarang ia pun juya ikut basah. Namun apakah smartphone jika terkena air hujan akan rusak?.

Tips Atasi Smartphone Basah Kena Air Hujan

Cara atasi smartphone basah terkena air hujan

Rusak atau tidaknya smartphone yang terkena air huian sebenarnya tidak dapat kita pastikan karena hal tersebut tergantung dari seberapa banyak air hujan yang mengenai smartphone kamu. Tapi untuk mengurangi resiko kerusakan pada smartphone yang baru saja terkena air hujan kami punya beberap tips untuk mengatasinya.

1. Lap Permukaan Yang Basah

Smartphone yang terkena air sesegera mungkin kamu keringkan karena kebanyakan komponen smartphone bermuatan daya listrik, ya seperti yang kita ketahui air dan listrik bukanlah sahabat karena jika mereka bertemu resiko besar akan terjadi kosleting. Cara mengerinkannya pasti sudah tahu kan, bisa menggunakan kain halus, tisu atau pakaian kita juga nggak apa-apa jika keadaaan mendesak.

Baca Juga: Cara Jadikan Smartphone Sebagai Mouse Komputer

2. Non-aktifkan Smartphone

Non-aktifkan smartphone

Ya seperti yang sudah kami singgung sebelumnya bahwa hampir semua komponen smartphone dialiri oleh tegangan listrik. Jadi untuk menghindari kosleting saat smartphone-mu terkena air segara matikan untuk menghentikan daya listrik yang terus mengaliri komponen.

Baca Trik
Cara Mengantisipasi Kuota Internet yang Bocor Ketika Menggunakan Android

3. Lepas Aksesoris

Lepas aksesoris smartphone yang berpotensi tempat mengendapnya air seperti salah satunya adalah case. Lalu langkah apalagi yang perlu kita lakukan?.

4. Lepas SIM Card

Air biasanya masuk kedalam smartphone melalui celah-celah komponen seperti slot sim card. Jadi jika rasa-rasa air ada yang masuk kedalam smartphone segara copot slot sim card.

5. Rendam di Beras

Rendam di beras

Masukan kedalam tumpukan beras selama 1 malam, “Waaah itu hanya mitos” mungkin itu yang terlintas dibenak kamu. Tapi percaya atau tidak bahwa beras memiliki sifat menyerap air sehingga ruang yang lembab dapat dikeringkannya.

6. Gunakan Vacum

Gunakan alat vacum untuk menarik keluar kembali air yang masuk ke dalam smartphone. Gunakan alat vacum untuk keringkan smartphone tergolong lebih ampuh dan cepat cara kerjanya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Proses Download Lambat Padahal Sinyal Bagus

Baca Trik
Cara Perbaiki Xiaomi Redmi 2 yang Mengalami Masalah

7. Jangan Buru-buru dinyalakan

Jadi setelah smartphone di non-aktifkan karena terkena air langkah yang terakhir jangan buru-buru untuk menyalakannya kembali. Jadi jika kamu sudah merasa benar-benar yakin bahwa air sudah kering baru dinyalakan.

Karena jika kita menghidupkan smartphone sementara komponen-komponen smartphone masih dalam keadaan lembab itu akan rusak karena koslet. Jika komponen sudah koslet ya itu permasalahannya akan jauh lebih parah lagi.

Note : Jangan sesekali meniup smartphone saat baru saja habis terkena air, karena tindakan meniup hanya akan makin memperparah karena air tambah akan semakin masuk kedalam.

Nah itulah tips atasi smartphonr baru saja terkena air hujan, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Tips Atasi Smartphone Basah Kena Air Hujan oleh rating 5/ 5