Tips Cegah Laptop Jadi Lemot dengan Hindari 5 Kesalahan Berikut

Tips Cegah Laptop Jadi Lemot dengan Hindari 5 Kesalahan Berikut

Dengan berbagai fungsi sekaligus manfaatnya pastinya membuat banyak orang yang lantas tidak bisa lepas dari laptop. Bahkan banyak orang yang sangat bergantung pada laptop untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan sehari-hari miliknya. Fakta tersebutlah yang kemudian pastinya membuat Anda selalu ingin laptop yang dimiliki selalu beradaa dalam performa terbaiknya. Sayangnya, seringkali terjadi berbagai masalah yang terjadi pada laptop yang dimiliki.

Salah satu masalah tersebut adalah laptop yang mendadak menjadi lemot. Apabila masalah yang satu ini sampai terjadi kepada Anda pastinya menjadi masalah tersendiri. Soalnya kinerja laptop akan menjadi lambat dan pastinya akan semakin memakan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Laptop yang mendadak menjadi lemot ini sendiri bisa disebabkan oleh berbagai kesalahan. Bagi Anda yang belum tahu, ada tips cegah laptop jadi lemot dengan hindari 5 kesalahan seperti berikut ini.

Baca Juga Ketahui Penyebab dari Laptop Anda yang Mendadak Lemot

Tips Cegah Laptop Jadi Lemot dengan Hindari 5 Kesalahan Berikut

5 Kesalahan Penyebab Laptop Lemot

1. Kesalahan Terlalu Banyak Program yang Dijalankan

Kesalahan pertama yang sebaiknya Anda hindari adalah dengan jangan menjalankan terlalu banyak program dalam waktu bersamaan. Memang benar, bahwa dengan membuka banyak program secara bersamaan memang akan lebih memudahkan. Namun apabila ternyata laptop yang Anda miliki memiliki kapasitas RAM tidak terlalu besar maka akan berdampak negatif. Salah satu dampak negatif tersebut adalah membuat laptop menjadi lemot dan tentunya tidak responsif. Solusi pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjalankan program yang terbatas saja dan usahakan untuk tidak berlebihan.

2. Kesalahan Tidak Hati-Hati Menginstall Aplikasi

Kesalahan berikutnya yang juga seringkali dilakukan oleh para pemilik laptop adalah dengan sembarangan dalam menginstall aplikasi maupun program pada laptop. Soalnya masih banyak yang beranggapan bahwa semua aplikasi maupun program itu aman. Padahal pada kenyataannya, ada beberapa aplikasi maupun program yang ternyata diam-diam memiliki aplikasi bawaan lain di dalamnya. Jadi nantinya ketika Anda menginstall aplikasi tersebut maka akan ada aplikasi lain yang ikut terisntall. Masalahnya aplikasi inilah yang nantinya akan membebani laptop dan kemudian membuat laptop menjadi lemot. Cara mencegahnya adalah dengan Anda lebih berhati-hati dalam mengisntall aplikasi maupun program untuk laptop yang dimiliki.

3. Kesalahan Tidak Melakukan Scan Malware dan Virus

Mungkin belum banyak yang mengetahui bahwa salah satu penyebab utama dari laptop yang menjadi lemot adalah serangan virus maupun malware. Soalnya kombinasi inilah yang kemudian akan membuat laptop menjadi lemot. Bukan tanpa alasan karena virus maupun malware akan menyerang program hingga sistem pada laptop yang berefek langsung pada performanya. Masalahnya, masih banyak yang tidak menyadari hal ini dan tidak melakukan scan malware maupun virus. Jadi ada baiknya bagi Anda untuk rutin melakukan scan malware dan virus ini.

4. Kesalahan Pemilihan Antivirus

Memiliki antivirus memang adalah hal yang penting untuk menjaga performa dari laptop. Sayangnya, masih banyak yang seringkali sembarangan dalam memilih antivirus ini. Bahkan banyak juga kasus pengguna laptop yang salah dan keliru dalam memilih Antivirus. Hal inilah yang kemudian berakibat membuat laptop menjadi lemot.

5. Tidak Rutin Membersihkan Laptop

Sedangkan untuk kesalahan terakhir yang sebaiknya Anda hindari adalah tidak rutin dalam membersihkan laptop. Padahal apabila Anda jarang membersihkan laptop maka akan berpengaruh langsung pada performa dari laptop. Tidak terkecuali membuat laptop menjadi lemot. Cegah dengan lebih rutin dalam membersihkan laptop yang dimiliki.

Baca Juga Ketahui 4 Kesalahan yang Membuat Laptop Menjadi Panas

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang tips cegah laptop jadi lemot dengan hindari 5 kesalahan. Jadi bagi Anda yang memang ingin mencegah laptop menjadi lemot maka hindari kesalahan-kesalahan tersebut.