Tips Hindari Hoaks Corona di Facebook

Tips Hindari Hoaks Corona di Facebook

Tips Hindari Hoaks Corona di Facebook – Virus Corona memang terus menjadi buah bibir di mana-mana. Alasannya karena virus yang satu ini memang berhasil memberikan dampak besar pada berbagai lini.

Mulai dari lini ekonomi, lini bisnis hingga lini kesehatan mendapatkan dampak dari virus yang satu ini. Hal tersebut pastinya membuat panik setiap ornag sehingga membuat banyak orang terus bernafsu untuk mendapatkan informasi tentang Corona ini.

Tidak terkecuali mendapatkan informasi tersebut melalui sosial media. Padahal seperti yang diketahui bahwa informasi yang beredar di sosial media sendiri kebanyakan palsu atau hoax.

Tidak terkecuali infromasi yang tersebar melalui Facebook. Untuk itulah, Anda harus mengetahui tips hindari hoaks Corona di Facebook seperti berikut ini.

Baca Juga Bangun Personal Branding dengan Facebook

Tips Hindari Hoaks Corona di Facebook

Daftar isi

Hindari Hoaks Corona di Facebook

1. Curiga Informasi yang Berlebihan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari hoaks Corona di Facebook adalah curigai informasi yang berlebihan. Seperti yang diketahui bahwa salah satu ciri informasi hoaks maka biasanya ditulis dengan cara yang berlebihan.

Mulai dari judul yang berlebihan, penulisan yang berlebihan hingga penggunaan capslock yang tentunya terkesan berlebihan. Hal tersebut biasanya dilakukan untuk menarik perhatian orang untuk membacanya.

Untuk itulah, Anda sebaiknya mencurigai informasi yang berlebihan dan tidak mempercayainya dengan begitu saja.

2. Perhatikan Tautannya

Informasi yang disebarkan di sosial media seperti Facebook sendiri juga seringkali disebarkan melalui tautan. Dalam arti kata lain, Anda harus mengklik tautan tersebut untuk kemudian membawa Anda dalam sebuah website.

Nantinya pada website tersebutlah, Anda bisa membaca informasi tersebut. Nyatanya, tautan tersebut juga bisa dijadikan pedoman untuk membedakan apakah informasi tersebut tergolong hoaks atau tidak.

Untuk informasi yang tergolong valid maka bisa dipastikan tautannya berasal dari kanal berita yang terpercaya dan juga sudah terkenal. Sedangkan untuk informasi yang hoaks maka bisa dipastikan berasal dari tautan yang mencurigakan dan tidak pernah dikenal sebelumnya.

Apabila Anda sampai menemukan hal ini maka sebaiknya waspada dan tidak mudah percaya begitu saja.

Baca Juga Cara Hack Facebook Dengan Metode Phising

3. Selidiki Sumber Informasi

Informasi yang berseliweran di timeline Facebook tergolong ramai dan banyak sekali. Padahal seperti yang diketahui bahwa tidak semua informasi yang berseliweran di Facebook tersebut asli ataupun valid.

Apalagi di tengah kehebohan Corona ini maka pastinya banyak pihak yang membuat berita asal hanya demi mengejar traffic. Untuk itulah, penting sekali bagi Anda untuk menyelidiki sumber informasi dari berita tersebut.

Pastikan bahwa sumber informasi dari berita tersebut memang terpercaya dan juga valid.

4. Perhatikan Formatnya

Ternyata format juga adalah hal penting untuk memastikan kevalidan informasi yang dibagikan. Perlu diketahui untuk informasi yang tergolong valid atau bisa dipercaya maka biasanya memiliki format penulisan yang baik.

Mulai dari judul, tata letak hingga penulisannya. Sedangkan untuk informasi yang tidak bisa dipercaya maka biasanya format penulisannya seringkali tidak baik.

Mulai dari judul, tata bahasa hingga penulisannya yang seringkali berantakan.

5. Perhatikan Fotonya

Sedangkan tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memperhatikan foto dari informasi tersebut. Soalnya foto kadang bisa lebih dipercayai daripada kata-kata.

Namun bukan berarti, Anda bisa langsung percaya begitu saja terhadap foto yang ada. Ada baiknya untuk mengecek keaslian foto tersebut melalui Google Images.

Baca Juga Cara Melihat Daftar Teman Yang Tersembunyi Di Facebook

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang tips hindari hoaks Corona di Facebook. Jadi nantinya Anda akan lebih berhati-hati dalam menerima informasi yang beredar di Facebook.