Tips Hindari Hoaks Corona di Twitter

Tips Hindari Hoaks Corona di Twitter

Tips Hindari Hoaks Corona di Twitter – Virus Corona memang terus menjadi buah bibir di mana-mana. Alasannya karena virus yang satu ini memang berhasil memberikan dampak besar pada berbagai lini.

Mulai dari lini ekonomi, lini bisnis hingga lini kesehatan mendapatkan dampak dari virus yang satu ini. Hal tersebut pastinya membuat panik setiap orang sehingga membuat banyak orang terus bernafsu untuk mendapatkan informasi tentang Corona ini.

Supaya tidak pernah ketinggalan informasinya pentingnya. Tidak terkecuali mendapatkan informasi tersebut melalui sosial media.

Padahal seperti yang diketahui bahwa informasi yang beredar di sosial media sendiri kebanyakan palsu atau hoax. Tidak terkecuali infromasi yang tersebar melalui Twitter yang banyak digunakan.

Untuk itulah, Anda harus mengetahui tips hindari hoaks Corona di Twitter seperti berikut ini.

Baca Juga Bangun Personal Branding dengan Twitter

Tips Hindari Hoaks Corona di Twitter

Hindari Hoaks Corona di Twitter

1. Periksa Tanggal Informasinya

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari hoaks Corona di Twitter adalah dengan memeriksa tanggal informasinya terlebih dulu. Jangan sampai Anda langsung percaya begitu saja terhadap setiap tweet maupun informasi yang berseliweran di timeline Anda.

Solusi pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa tanggal informasi. Soalnya tanggal informasi ini sendiri bisa dijadikan pedoman apakah informasi tersebut tergolong valid atau malah tidak.

Lakukan verifikasi antara isi informasi dengan tanggal informasinya. Pastikan terdapat kecocokan untuk memastikan keasliannya.

2. Periksa Bukti Informasinya

Tips kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksa bukti informasi yang berseliweran di timeline Twitter Anda. Perlu diketahui bahwa untuk informasi yang bisa dipercaya maka biasanya terdapat juga kutipan dari para ahli.

Para ahli ini sendiri biasanya ilmuwan, pemerintah maupun tenaga medis. Para ahli yang tentu pendapatnya tergolong valid dan bisa dipercaya dalam masa pandemi Corona ini.

Jadi apabila ternyata mendapatkan informasi dan terdapat pendapat dari pihak yang tidak jelas maka sebaiknya Anda tidak mudah percaya begitu saja. Soalnya besar kemungkinannya bahwa informasi tersebut tergolong palsu dan tidak bisa dipercaya.

Baca Juga Cara Tingkatkan Engagement di Twitter

3. Periksa Kanal Lain

Jangan sampai Anda hanya terpaku pada satu sumber berita atau satu kanal informasAnda Anda i saja. Apalagi sampai Anda menelan mentah-mentah informasi tersebut.

Jadi ada baiknya bagi Anda untuk memeriksa kanal berita yang lain terlebih dulu. Apabila di kanal berita lainnya juga terdapat informasi yang sama maka Anda bisa mulai mempercayainya.

Namun apabila ternyata informasi tersebut hanya terdapat di satu kanal tersebut maka sebaiknya Anda harus curiga. Soalnya besar kemungkinannya bahwa informasi tersebut adalah hoaks.

4. Pastikan Bukan Informasi Lelucon

Perlu diingat bahwa tidak semua informasi yang beredar di sosial media adalah valid ataupun serius. Soalnya banyak juga informasi yang beredar di internet adalah lelucon atau parodi semata.

Jadi pastikan terlebih dulu bahwa informasi yang Anda lihat atau baca di Twitter tersebut tergolong palsu atau tidak.

5. Jangan Terburu Membagikan Informasinya

Sedangkan cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan jangan terburu membagikan informasi ataupun tweet yang Anda lihat. Soalnya apabila informasi tersebut ternyata hoaks dan Anda sudah terlanjur membagikannya tentu akan semakin banyak yang tertipu dengan infromasi hoaks tersebut.

Jadi ada baiknya untuk memastikan terlebih dulu keaslian dari informasi tersebut.

Baca Juga Cara Tingkatkan Followers Twitter

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang tips hindari hoaks Corona di Twitter. Jadi nantinya Anda akan lebih berhati-hati sekaligus waspada terhadap setiap informasi yang berseliweran di internet.