Hindari Hoax Online dengan Langkah Pencegahan Ini

Hindari Hoax Online
Hindari Hoax Online

Hindari Berita Hoax – Kehadiran internet memang membuat segala sesuatunya menjadi lebih cepat dan lebih mudah didapatkan. Tidak terkecuali informasi yang tentunya akan sangat mudah sekali untuk bisa didapatkan di era serba internet ini.

Namun efek samping dari era internet ini adalah kehadiran berita hoax yang semakin menjamur dari waktu ke waktu. Meskipun terkesan sepele tapi pada kenyataan, berita hoax ini bisa menimbulkan kerugian yang tidak main-main.

Untuk itulah, pastinya Anda tidak ingin sampai menjadi korban dari hoax online yang sudah semakin merebak saja ini. Sayangnya, menghindari hoax online ini sendiri bukanlah perkara yang mudah.

Ditambah hoax online ini sendiri memang semakin cerdas dan sulit dideteksi. Untuk itulah, ada tips hindari hoax online dengan langkah pencegahan seperti berikut ini.

Baca Juga Contoh Kejahatan Cyber Crime yang Wajib untuk Diwaspadai

Hindari Hoax Online
Hindari Hoax Online

Daftar isi

Tips Hindari Hoax Online

1. Periksa Tanggal Berita

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari hoax online ini adalah dengan memeriksa tanggal berita terlebih dulu. Bukan tanpa alasan karena untuk menciptakan hoax online ini sendiri seringkali menggunakan berita lama yang kemudian digunakan untuk masa sekarang.

Hal tersebut tentunya digunakan dengan niatan untuk mengubah konteks berita yang nantinya memang dimanfaatkan untuk momen sekarang sehingga menimbukan kesalahpahaman.

Kondisi tersebutlah yang kemudian membuat Anda semestinya lebih memperhatikan tanggal dari berita tersebut. Pastikan bahwa tanggal berita tersebut memang sudah sesuai dengan tanggal seperti sekarang ini.

Hal ini tentunya guna menghindari hoax online yang menyerang Anda dan membuat Anda lantas menyebarkan hoax online yang tidak benar tersebut.

Baca ini gan 5 Jenis Cyber Crime yang Masih Asing untuk Banyak Orang

2. Cek Sumber Berita

Satu kesalahan yang selama ini masih sering dilakukan banyak orang hingga akhirnya menjadi korban hoax online adalah karena tidak mengecek sumber berita. Kebanyakan orang langsung percaya begitu saja terhadap berita yang mereka lihat atau mereka baca.

Bagi Anda yang tidak ingin menjadi korban hoax online maka sebaiknya mulai sekarang cek sumber berita langsung. Dengan mengecek sumber berita maka Anda bisa mengetahui keaslian dan keakuratan dari berita tersebut. Jika ditulis dari sumber yang terpercaya maka Anda bisa mempercayai isi dari konten tersebut.

Sebaliknya, apabila ternyata sumber berita tersebut ternyata kurang terpercaya maka sebaiknya Anda juga jangan mempercayai apalagi sampai menyebarkannya.

3. Lihat Sumber Lainnya

Kekeliruan berikutnya yang juga masih sering dilakukan adalah dengan terlalu terpaku pada satu sumber saja. Tidak masalah apabila sumber tersebut benar, yang menjadi masalah adalah apabila sumber tersebut ternyata palsu.

Solusi pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan Anda mengecek sumber lainnya. Pastikan apakah sumber lain juga memberitakan hal yang sama atau tidak. Kalau banyak yang memberitakan hal sama maka Anda bisa mempercayai konten berita tersebut.

Baca Contoh Kejahatan Cyber Crime yang Wajib untuk Diwaspadai

4. Pastikan Bukan Konten Lelucon

Sedangkan langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa konten tersebut bukanlah sebuah lelucon. Bukan tanpa alasan karena masih banyak yang menganggap bahwa sebuah konten lelucon adalah berita yang serius.

Hal ini pastinya akan menimbulkan hoax yang bisa saja dipercaya oleh masyarakat lainnya. Apabila semakin banyak yang menyebarkannya maka pastinya akan menjadi masalah besar. Untuk itulah ketika melihat sebuah berita maka pastikan terlebih dulu bahwa itu bukanlah sebuah konten lelucon.

Baca Juga 6 Hal Yang Seharusnya Tidak Kamu Posting Dimedia Sosial

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang tips hindari hoax online dengan langkah pencegahan berikut. Jadi bagi Anda yang memang tidak ingin menjadi korban hoax online maka terapkanlah tips di atas.

Cek di bawah ini