Tips Hindari Menjadi Korban Hoax Digital yang Berbahaya

Tips Hindari Menjadi Korban Hoax Digital yang Berbahaya

Kehadiran internet memang membuat segala sesuatunya menjadi lebih cepat dan lebih mudah didapatkan. Tidak terkecuali informasi yang tentunya akan sangat mudah sekali untuk bisa didapatkan di era serba internet ini.

Namun efek samping dari era internet ini adalah kehadiran berita hoax yang semakin menjamur dari waktu ke waktu. Meskipun terkesan sepele tapi pada kenyataan, berita hoax ini bisa menimbulkan kerugian yang tidak main-main.

Untuk itulah, pastinya Anda tidak ingin sampai menjadi korban dari hoax digital yang sudah semakin merebak saja ini. Sayangnya, menghindari hoax digital ini sendiri bukanlah perkara yang mudah. Ditambah hoax digital ini sendiri memang semakin cerdas dan sulit dideteksi. Untuk itulah, ada tips hindari menjadi korban hoax digital yang berbahaya seperti berikut ini.

Baca Juga Tips Hindari Hoax Digital dengan Aplikasi Penangkal Hoax Terbaik

Tips Hindari Menjadi Korban Hoax Digital yang Berbahaya

Tips Hindari Menjadi Korban Hoax Digital

Daftar isi

1. Perhatikan Judul Sebuah Berita

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari hoax digital adalah dengan memperhatikan sebuah judul berita. Mungkin masih belum banyak yang menyadari bahwa sebuah judul berita ternyata bisa dijadikan patokan keaslian berita tersebut.

Untuk berita yang tergolong hoax sendiri biasanya memasang judul berita yang tergolong bombastis dan seringkali menggunakan huruf kapital. Tujuan menggunakan hal tersebut tentunya untuk menarik perhatian netizen untuk mengkliknya dan kemudian terprovokasi atasnya.

Bagi Anda yang memang tidak ingin menjadi korban maka sebaiknya hindari jenis berita tersebut. Terutama jenis berita yang menggunakan jenis judul berita seperti yang sudah dijelaskan barusan.

2. Teliti Memperhatikan URL

URL dari sebuah berita juga bisa bisa dijadikan pertimbangan Anda ketika memutuskan apakah sebuah berita tersebut hoax atau tidak. Perlu diketahui bahwa ternyata sekarang ini sudah bannyak hoax digital yang semakin menipu korbannya.

Salah satu cara untuk bisa menipu korbannya adalah dengan mengkamuflase URL beritanya supaya menyerupai URL sumber terpercaya. Bagi Anda yang tidak ingin sampai menjadi korban hoax digital yang berikutnya maka disarankan untuk memperhatikan URL berita.

Bahkan tidak ada salahnya juga untuk membandingkan URL tersebut dengan URL yang sumber aslinya langsung. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa berita yang Anda baca memang asli bukanlah berita hoax.

3. Terlalu Banyak Salah Eja

Pengejaan atau tata letak konten tentunya adalah hal yang sangat diperhatikan oleh website berita resmi. Jadi bisa dibilang, hampir mustahil bagi mereka untuk melewatkan satu hal ini.

Lain cerita untuk situs berita yang tidak kredibel maka biasanya mereka akan asal-asalan dalam meletakan konten dan juga tidak memperhatikan pengejaan. Hal inilah yang tentunya menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda ketika membaca sebuah berita dari situs manapun.

4. Telusuri Foto

Untuk hoax digital maka biasanya akan menempatkan foto yang ternyata tidak sesuai konteks berita. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan penelusuran terhadap foto tersebut. Guna memastikan sumber sekaligus keaslian foto tersebut tentunya.

5. Cek Tanggal Beritanya

Sedangkan cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek tanggal berita tersebut. Untuk hoax digital biasanya akan memanfaatkan berita kapan untuk digunakan pada hari ini hanya untuk mengambil momentum yang tepat saja. Jadi ada baiknya bagi Anda untuk mengecek tanggal berita pada setiap konten berita yang Anda untuk memastikan keasliannya.

Baca Juga Contoh Kejahatan Cyber Crime yang Wajib untuk Diwaspadai

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang tips hindari menjadi korban hoax digital yang berbahaya. Jadi bagi Anda yang memang tidak ingin menjadi korban selanjutnya maka tirulah tips di atas.