Tips Internet Stabil untuk Video Conference

Tips Internet Stabil untuk Video Conference

Tips Internet Stabil untuk Video Conference – Masa Work From Home atau WFH seperti sekarang ini memang banyak sekali kebiasaan yang mulai berubah. Salah satu kebiasaan yang berubah tersebut adalah kebiasaan bekerja.

Seperti yang diketahui bahwa salah satu kebiasaan yang selama ini dipertahankan adalah kebiasaan bekerja di kantor. Namun dengan adanya WFH ini tentunya mustahil untuk bekerja di kantor dan bekerja di rumah masing-masing.

Salah satu metode yang paling sering dimanfaatkan untuk bisa bekerja di rumah adalah dengan menggunakan video conference. Dengan menggunakan video conference tentunya Anda bisa berhubung dengan rekan kerja sambil tetap bekerja seperti biasanya.

Namun keluhan dari banyak orang adalah kualitas video conference yang buruk dan mengganggu proses WFH Anda. Hal itu sendiri disebabkan oleh internet yang tidak stabil. Untungnya, sudah ada tips internet stabil untuk video conference seperti berikut ini.

Baca Juga Cara Hindari Disinformasi di Internet

Tips Internet Stabil untuk Video Conference

Daftar isi

Internet Stabil untuk Video Conference

1. Gunakan Koneksi LAN

Tips pertama yang bisa Anda lakukan guna membuat internet stabil untuk video conference adalah dengan menggunakan koneksi LAN. Apabila Anda masih menggunakan jaringan Wifi untuk melakukan video conference maka jangan terkejut apabila seringkali gangguan.

Hal tersebut tentunya tidak lepas karena jaringan Wifi ini sendiri memang rentan tidak stabil koneksinya ditambah dengan penggunannya yang tergolong banyak. Kombinasi inilah yang kemudian membuat Anda terganggu dan seringkali error ketika menggunakan video conference ini.

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan koneksi LAN yang tergolong lebih cepat dan stabil. Jadi Anda tinggal menghubungkan jaringan LAN ini pada komputer maupun PC yang dimiliki.

2. Atur Bandwith Internet

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur bandwith internet. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu penyebab dari internet yang tidak stabil adalah karena terlalu banyaknya perangkat yang terhubung dengan internet.

Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur bandwith internet dan juga memutuskan internet pada beberapa perangkat yang sedang tidak digunakan. Hal ini tentunya berguna supaya koneksi internet hanya berfokus pada PC yang sedang Anda gunakan untuk melakukan video conference.

Supaya nantinya internet yang Anda dapatkan lebih stabil dan lebih cepat.

Baca Juga Cara Menonaktifkan Data Internet Aplikasi di Android

3. Pilih Aplikasi Video Conference Terbaik

Pemilihan aplikasi video Conference juga adalah hal vital yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Soalnya untuk bisa mendapatkan fitur terbaik dan juga lancar maka pilihlah aplikasi Video Conference terbaik.

Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Google Hangouts maupun Zoom yang memang banyak penggunannya. Namun tetap ada baiknya bagi Anda untuk memastikan terlebih dulu bahwa teman kerja Anda menggunakan aplikasi apa.

Supaya nantinya Anda bisa menggunakan aplikasi video conference terbaik yang sama.

4. Atur Kualitas Audio dan Video

Sedangkan cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur kualitas audio dan video pada sesi video conference tersebut. Soalnya ketika Anda tahu bahwa koneksi internet yang Anda miliki sedang tidak stabil maka turunkanlah kualitas audio dan videonya.

Hal ini tentunya berguna agar Anda tetap terhubung dengan video conference tersebut. Walau tentunya dengan kualitas video dan audio yang diturunkan.

Baca Juga Cara Untuk Membatasi Kecepatan Internet Di PC Dengan Mudah

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang tips internet stabil untuk video conference. Jadi nantinya Anda bisa Work from home secara lebih nyaman karena video conference yang menjadi lebih stabil.