Tips Melakukan Perbaikan pada Website yang Sudah Terkena Malware

Tips Melakukan Perbaikan pada Website yang Sudah Terkena Malware

Terkena malware  pastinya akan selalu menjadi mimpi buruk bagi setiap pemilik website. Bukan tanpa alasan karena ketika sebuah website sudah terkena malware maka pastinya akan banyak sekali data yang terekspos bahkan hingga kerusakan website yang bisa terjadi. Namun bagi Anda yang sedikit beruntung maka bisa mengembalikan website dari serangan malware yang tergolong berbahaya tersebut. Namun yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah apa yang mesti dilakukan pada website yang sudah terkena malware tersebut?

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan tentunya adalah melakukan perbaikan pada website tersebut. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa tidak ada kerusakan selama terkena malware tersebut dan juga untuk memastikan bahwa serangan malware yang pernah terjadi tidak terulang lagi. Namun tentunya bukan perkara mudah untuk melakukan perbaikan tersebut. Untungnya, ada tips melakukan perbaikan pada website yang sudah terkena malware seperti berikut ini.

Baca Juga Cara Paling Benar Menghilangkan Malware pada Website

Tips Melakukan Perbaikan pada Website yang Sudah Terkena Malware

Tips Perbaikan Website yang Kena Malware

1. Menindaklanjuti Laporan Malware

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menindaklanjuti laporan malware dari tersebut. Bukan tanpa alasan karena ketika sebuah website terkena malware yang tergolong berbahaya maka biasanya akan memberikan laporan. Laporan ini tentunya sebagai penegas bahwa ada sesuatu yang salah sekaligus berbahaya pada website yang dimiliki. Sesuatu yang jelas menuntut Anda utnuk mengambil langkah yang tepat.

2. Lakukan Scan Malware

Lanngkah berikutnya yang juga jangan sampai dilupakan adalah dengan melakukan scan malware pada website yang dimiliki. Alasan yang paling utamanya adalah karena ketika sebuah malware berhasil menyerang website maka dia biasanya akan masuk ke berbagai file yang ada di website. Jadi meskipun Anda sudah berhasil membersihkan malware dari website tapi Anda juga mesti melakukan pembersihan secara benar-benar sekaligus sempurna pada website yang dimiliki.

Hal ini hanya untuk memastikan bahwa memang tidak ada malware yang masih tersembunyi di dalam website Anda. Soalnya ternyata ada beberapa malware yang biasanya lihai sekali dalam bersembunyi dalam website. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan scan malware pada website yang dimiliki. Hal ini sendiri terbilang sangat penting untuk bisa menjamin keamanan dan kebersihan website dari malware yang berbahaya.

3. Lakukan Scan Komputer

Nyatanya Anda bukan hanya berhenti di melakukan scan malware tapi Anda juga mesti melakukan scan pada komputer yang dimiliki. Alasannya tentunya tergolong sangat sederhana yaitu karena malware bisa menyerang website juga disebabkan karena pengamanan komputer yang kurang baik. Hal tersebutlah yang kemudian membuat Anda harus rutin memeriksa kondisi dari komputer tersebut. Pastikan bahwa memang tidak ada virus maupun malware yang tersimpan tersembunyi di dalam komputer Anda. Dengan melakukan hal ini maka pastinya Anda akan meminimalisir risiko website yang terkena malware kembali.

4. Update Program ke Latest Version

Sedangkan untuk tips terakhir yang mesti Anda lakukan adalah dengan mengupdate semua program pada website ke latest versionnya. Kesalahan banyak orang adalah dengan menganggap remeh melakukan update program ini. Padahal dengan Anda rutin melakukan update pada setiap program ini maka akan meningkatkan keamanan yang dimiliki oleh website. Hal ini sangat penting untuk membuat website tidak lagi mudah terkena malware.

Baca Juga 4 Jenis Malware yang Paling Sering Menyerang Website

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang tips melakukan perbaikan pada website yang sudah terkena malware. Jadi nantinya Anda tahu langkah yang paling tepat untuk mencegah website kembali terkena malware yang tergolong berbahaya.