Tips Mengembalikan Performa Laptop Lama Supaya Seperti Baru

Tips Mengembalikan Performa Laptop Lama Supaya Seperti Baru

Memiliki laptop sepertinya telah menjadi hal wajib bagi banyak orang yang hidup di era modern seperti sekarang ini. Apalagi dengan laptop ini juga bisa mempercepat menyelesaikan berbagai pekerjaan yang Anda miliki. Ditambah jika laptop yang Anda miliki tergolong versi terbaru maka pastinya banyak sekali fitur terbaru yang lebih memudahkan Anda. Sayangnya, tidak semua orang memiliki keberuntungan mempunyai laptop versi terbaru. Bahkan beberapa diantaranya harus bertahan dengan laptop model lama untuk mengerjakan berbagai aktivitas sehari-hari.

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa laptop model lama memiliki performa yang jauh dibandingkan dengan laptop model terbaru. Hal ini pastinya membuat Anda ingin melakukan upgrade supaya laptop lama tersebut tetap memiliki performa yang berkualitas. Untungnya, ada tips mengembalikan performa laptop lama supaya seperti baru dengan cara berikut ini.

Baca Juga Tips Buat Laptop Versi Lama Tidak Kalah dengan Laptop Versi Baru

Tips Mengembalikan Performa Laptop Lama Supaya Seperti Baru

Tips Buat Performa Laptop Lama Seperti Baru

1. Uninstall Aplikasi Tidak Perlu

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan performa laptop lama seperti laptop baru adalah dengan menguninstall aplikasi yang tidak diperlukan. Bukan tanpa alasan karena apabila sebuah laptop terlalu banyak menyimpan banyak aplikasi maka bisa dipastikan akan memberatkan laptop itu sendiri. Terutama untuk jenis laptop lama yang tentunya kapasitas RAM belum terlalu besar. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menguninstall aplikasi yang tidak diperlukan. Nantinya dengan melakukan hal ini maka laptop akan meniadi lebih ringan dan pastinya berdampak pada performanya yang menjadi lebih baik.

2. Lakukan Disable Startup

Mungkin belum banyak yang menyadari bahwa banyak program di dalam laptop yang terus terbuka dan terus bekerja. Kondisi inilah yang kemudian membuat laptop menjadi terbebani dan performanya menjadi tidak maksimal. Apalagi bagi Anda yang memiliki laptop model lama maka bisa dipastikan performa yang dimiliki juga akan semakin menurun. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan disable startup pada yang sudah tidak diperlukan lagi. Caranya sendiri tergolong mudah yaitu Anda hanya perlu masuk ke run dan ketikan “Msconfig”. Apabila sudah, akan muncul pilihan Startup barulah pilih disable semua program yang tidak dibutuhkan.

3. Hapus File yang Tidak Penting

Kesalahan banyak orang selama ini adalah dengan tetap membiarkan berbagai file pada ruang penyimpanan laptop yang dimiliki. Bahkan file-file yang tergolong sudah tidak penting lagi. Hal tersebut tentunya tidak bisa dilepaskan dari banyaknya pengguna laptop yang tetap ingin menyimpan berbagai file. Sebaiknya Anda mulai menghapus berbagai file yang dianggap sudah tidak penting lagi. Hal ini berguna untuk lebih meringankan ruang penyimpanan pada laptop. Jadi nantinya hal ini akan berimbas membuat performa dari laptop menjadi lebih baik dan tentunya tidak akan mengalami lemot.

4. Lakukan Cleanup System Files

Sedangkan cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan cleanup system files. Langkah ini sendiri terbilang sangat penting untuk bisa membersihkan berbagai sistem file yang masih memenuhi laptop. Nantinya dengan melakukan pembersihan maka ruang di laptop menjadi jauh lebih lega. Caranya sendiri bisa dilakukan dengan cara drive lalu pilih Properties barulah kemudian pilih Disk Cleanup. Langkah ini sendiri tentunya terbilang sangat mudah untuk dilakukan.

Baca Juga Ketahui Penyebab dari Laptop Anda yang Mendadak Lemot

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang tips mengembalikan performa laptop lama supaya seperti baru. Jadi bagi Anda yang memang memiliki laptop lama tapi ingin meningkatkan performanya seperti laptop baru maka bisa menerapkan tips seperti di atas.