Tips Meningkatkan Keamanan Email dari Kejahatan Siber

Tips Meningkatkan Keamanan Email dari Kejahatan Siber

E-mail memang telah menjadi bagian aktivitas banyak orang di era modern dan era internet seperti sekarang ini. Alasannya tentu sangat sederhana karena email ini sendiri bisa dimanfaatkan untuk berbagai pekerjaan maupun urusan Anda di era internet ini.

Hanya saja, Anda juga tidak bisa menutup mata akan risiko dari penggunaan email ini sendiri. Salah satu risiko terbesar tersebut adalah kejahatan siber yang mengincar email Anda.

Begitu E-mail Anda terkena kejahatan siber ini maka berbagai data penting yang dimiliki bisa dicuri oleh orang lain. Jika hal ini sampai terjadi maka pastinya akan sangat merugikan bagi Anda.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bagaimana untuk mencegahnya. Untuk itulah, ada tips meningkatkan keamanan Email dari kejahatan siber seperti berikut ini.

Baca Juga 7 Jenis Email Yang Bahaya Untuk di Balas

Tips Meningkatkan Keamanan Email dari Kejahatan Siber

Tips Meningkatkan Keamanan Email

1. Rutinlah Mengubah Password

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghindari risiko kejahatan siber adalah dengan rutin mengubah password Email. Seperti yang diketahui bahwa banyak orang yang ketika sudah memiliki email maka jarang mengganti password.

Soalnya banyak yang beranggapan bahwa keamanan emailnya sudah terjamin tanpa perlu terus mengganti password. Padahal dengan Anda yang jarang mengganti password email ini maka akan meningkatkan risiko kejahatan siber yang terjadi.

Bagi Anda yang tidak ingin sampai mengalami hal tersebut maka sangat disarankan untuk rutin dalam mengubah password email. Nantinya dengan Anda yang rutin mengubah password ini maka bisa mengecilkan risiko ada pihak lain yang bisa menebak password Anda.

Soalnya apabila Anda konstan menggunakan password email yang sama selama bertahun-tahun maka risiko password tersebut diketahui orang lain juga semakin tinggi.

2. Jangan Sembarangan Membuka Lampiran

Lampiran tentunya telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan ketika Anda menggunakan E-mail. Meski begitu, Anda tidak boleh sembarangan dalam membuka lampiran email ini.

Bukan tanpa alasan karena ternyata ada beberapa lampiran yang apabila Anda membukanya maka otomatis Email Anda berhasil dihack. Sesuatu yang pastinya tidak Anda inginkan untuk sampai terjadi.

Untuk itulah, jangan sembarangan dalam membuka lampiran. Jikapun ingin membuka lampiran maka pastikan bahwa Anda mengenali orang yang mengirim lampiran tersebut.

3. Waspadai Instruksi Email yang Mencurigakan

Kejahatan siber untuk email ini sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang juga sering dilakukan adalah dengan mengirimkan email yang lantas memberikan instruksi khusus kepada Anda.

Biasanya instruksi khusus tersebut adalah memerintahkan Anda untuk mengaktifkan makro ketika ingin mengunduh lampiran. Apabila Anda sampai menemukan hal ini maka sebaiknya waspada dan kalau perlu dihindari saja.

4. Gunakan Software Antivirus

Untuk melindungi E-mail Anda dari kejahatan siber yang berbahaya maka bisa menggunakan software Antivirus. Untuk itulah, disarankan bagi Anda untuk menginstall software Antivirus ini dan tentunya rutin dalam melakukan update. Dengan melakukan hal ini maka Anda bisa lebih menjamin keamanan E-mail yang dimiliki.

5. Jangan Berbagi Password

Sedangkan langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan jangan berbagi password email Anda kepada pihak yang tidak terpercaya. Soalnya password email ini sendiri adalah kunci utama dari keamanan email Anda.

Jadi pastikan bahwa hanya Anda yang mengetahui password email tersebut dan bukan malah membagikannya dengan pihak lain secara cuma-cuma.

Baca Juga Tips Buat E-Mail Anda Kebal dari Serangan Hacker

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang tips meningkatkan keamanan email dari kejahatan siber. Jadi nantinya Anda tidak akan menjadi korban selanjutnya dari kejahatan siber yang merugikan ini.