Tips Paling Mudah Mengamankan Router WiFi dari Serangan Hacker

Tips Paling Mudah Mengamankan Router WiFi dari Serangan Hacker

Dengan penggunaan internet yang semakin vital dan juga semakin intens pastinya membuat banyak orang memutuskan menggunakan Wifi. Soalnya dengan adanya Wifi ini pastinya akan membuat Anda tidak perlu lagi memusingkan soal kuota internet. Bahkan bisa dibilang, penggunaan Wifi ini akan jauh lebih efisien dan juga hemat daripada hanya menggunakan kuota internet yang biasa.

Namun penggunaan Wifi ini sendiri juga tidak bisa dilepaskan dari adanya risiko yang mengintai. Salah satu risiko yang tidak mungkin bisa dihindari adalah Wifi tersebut dihack oleh orang lain demi kepentingannya sendiri. Apabila hal tersebut sampai terjadi maka pastinya akan merugikan diri Anda. Supaya hal tersebut tidak sampai terjadi, berikut ada tips paling mudah mengamabkan router Wifi dari serangan hacker.

Baca Juga 5 Cara yang Biasa Dilakukan Hacker untuk Meretas Password WiFi

Tips Paling Mudah Mengamankan Router WiFi dari Serangan Hacker

1. Aktifkan WPA2 Wireless Encryption

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengaktifkan WPA2 Wireless Encyrption terlebih dulu. Salah satu kesalahan terbesar mereka yang memiliki Wifi adalah tidak menggunakan enkripsi WiFi Protected Access atau WPA2. Padahal apabila mereka tidak menggunakannya maka kesempatan seorang hacker untuk bisa meretas Wifi tersebut juga semakin tinggi. Bagi Anda yang tidak ingin mengalami hal tersebut maka penting sekali untuk menggunakan pengaman yang satu ini. Hal ini bisa dilakukan oleh Anda dengan mengupdate perangkat router yang dimiliki agar sudah bisa menggunakan WPA2 seperti yang satu ini.

Baca trik  Tips Hack Android Termudah dengan 5 Aplikasi Sadap

2. Buatlah Password yang Rumit

Banyak yang beranggapan untuk memilih password Wifi yang sederhana agar lebih mudah diingat. Namun sayangnya, apabila Anda melakukan hal tersebut maka kemungkinan Wifi tersebut untuk diretas oleh hacker akan semakin tinggi. Bagi Anda yang tidak ingin mengalami hal tersebut maka solusinya adalah dengan membuat password yang tergolong rumit. Sangat disarankan untuk membuat password dengan kombinasi antara huruf dan juga angka. Nantinya kombinasi password tersebut untuk mengunci preshared router Wifi untuk bisa lebih aman.

3. Pastikan Sudah Menghidupkan Firewall pada Router

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan Wifi yang dimiliki dari serangan hacker adalah dengan menghidupkan firewall pada router. Bukan tanpa alasan karena apabila mengaktifkan firewall pada router ini maka akan lebih menyulitkan hacker untuk bisa meretas Wifi. Selain itu, upadet juga firewall yang dimiliki agar bukan hanya melindungi Wifi tapi juga menyembunyikan Wifi tersebut dari publik. Jadi akan lebih mudah mengamankan Wifi tersebut dari para hacker.

4. Pilih Layanan VPN Pribadi untuk Router

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk melindungi Wifi yang dimiliki dari serangan adalah dengan menggunakan VPN. Selama ini VPN dikenal karena hanya digunakan oleh banyak perusahaan besar untuk mengamankan internet dan jaringan yang mereka miliki. Namun nyatanya sekarang ini, Anda juga bisa menggunakan VPN pribadi untuk mengamankan Wifi yang dimiliki. Hanya saja apabila Anda menggunakan VPN pribadi ini tentunya harus mengeluarkan biaya untuk jasanya.

Namun hal tersebut tentunya akan sebanding dengan keamanan yang akan didapatkan. Apalagi Anda juga bisa memilih VPN pribadi mana yang harganya paling sesuai dengan Anda. Jadi Anda tidak perlu lagi menghamburkan uang terlalu banyak dan juga berlebihan.

Baca trik  Tips Hack Kamera Telepon untuk Memata-Matai

Baca Juga Cara Hack WiFi Wp2-Psk Menggunakan BCMON Hp Android

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham bagaimana cara untuk melindungi Wifi yang dimiliki. Jadi Anda tidak perlu khawatir atau was-was lagi apabila ternyata wifi yang digunakan bisa diretas oleh pihak lain terutama oleh hacker yang jelas merugikan Anda.

Tips Paling Mudah Mengamankan Router WiFi dari Serangan Hacker oleh agung rating 5