Tips Paling Mudah Perbaiki Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

Tips Paling Mudah Perbaiki Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

Google Play Store tentunya sudah tidak asing lagi dengan semua pengguna android. Alasannya tentu sangat sederhana karena Google Play Store ini sendiri adalah penyedia aplikasi bagi seluruh pengguna ponsel Android. Jadi bagi Anda yang ingin mencari dan menambahkan aplikasi pada ponsel maka bisa mencarinya di Google Play Store. Di bawah lindungan langsung dari Google tentunya semua aplikasi yang ada di sana sudah terjamin aman dan juga bebas virus.

Lain cerita, ketika Anda mengisntall aplikasi dari website sembarangan maka besar sekali risikonya bahwa aplikasi tersebut membawa virus yang berbahaya. Di balik semua keunggulannya ternyata Google Play Store ini tetap memiliki kekurangan. Salah satunya adalah kondisi Play Store yang sulit atau bahkan tidak bisa dibuka di ponsel. Untungnya, ada tips paling mudah perbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka seperti berikut ini.

Baca Juga Solusi Terbaik Perbaiki Play Store yang Tidak Terkoneksi

Tips Paling Mudah Perbaiki Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

Tips Perbaiki Play Store Sulit Dibuka

1. Cek Koneksi Internet

Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki Play Store yang sulit dibuka adalah dengan mengecek koneksi internet yang dimiliki ponsel. Seperti yang diketahui bahwa fasilitas Play Store ini sangat membutuhkan koneksi internet untuk bisa berfungsi dan digunakan secara normal. Jadi apabila terjadi kondisi Play Store yang sulit dibuka maka besar kemungkinannya terjadi masalah pada koneksi internet yang Anda miliki. Apabila terjadi kesalahan maupun kerusakan maka segera perbaiki koneksi internet tersebut. Hal ini berguna untuk membuat Anda bisa membuka Play Store kembali.

2. Nonaktifkan Beberapa Aplikasi

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa ada beberapa aplikasi yang memang ternyata memakan banyak sekali ruang sekaligus RAM pada ponsel. Nyatanya hal ini akan berdampak langsung pada performa ponsel maupun aplikasi lainnya yang ada pada ponsel. Tidak terkecuali berdampak pada fitur Play Store yang kemudian membuatnya sulit dibuka. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mulai menonkatikan beberapa aplikasi pada ponsel. Tentunya yang dinonaktifkan tersebut adalah aplikasi yang menyedot memori dan RAM terlalu besar.

Untuk melakukannya sendiri terbilang cukup mudah yaitu Anda hanya perlu membuka menu Settings lalu pilih Manage Apps. Jika sudah, lanjutkan dengan memilih All dan mulailah memilih aplikasi mana saja yang ingin dinonaktifkan maupun yang menggunakan RAM paling banyak. Jika sudah, segera klik Force Stop untuk menghentikan aplikasi tersebut.

3. Bersihkan Cache pada Ponsel

Nyatanya membiarkan cache terus menumpuk di dalam ponsel akan memberikan dampak negatif yang tidak baik pada ponsel. Salah satu dampak negatif tersebut adalah membuat Play Store menjadi sulit untuk dibuka Tentunya solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mulai membersihkan cache pada ponsel yang dimiliki. Hal ini berguna untuk membuat Play Store tersebut bisa berfungsi lagi seperti semula.

4. Hapus Google Acount

Sedangkan cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus Google Account yang dimiliki. Terutama Google Account yang digunakan untuk mendaftar Google Play Store yang dimiliki. Biasanya setelah melakukan hal ini maka, Play Store bisa dibuka kembali seperti normal. Hanya saja, cara yang satu ini dilakukan apabila memang cara-cara yang lainnya ternyata memang sudah gagal dilakukan.

Baca Juga Langkah Terbaik Perbaiki Play Store yang Terus Mengalami Error

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang tips paling mudah perbaiki Play Store yang tidak bisa dibuka. Jadi bagi Anda yang menghadapi masalah yang satu ini maka sudah tahu cara terbaik guna mengatasinya.