Tips Perbaiki Flashdisk yang Sulit Dibaca dengan Praktis

Tips Perbaiki Flashdisk yang Sulit Dibaca dengan Praktis

Dengan kehadiran flashdisk pastinya semakin memudahkan berbagai urusan Anda setiap harinya. Terutama untuk melakukan pemindahan data secara jauh lebih cepat. Dengan kemudahan yang ditawarkan oleh flashdisk inilah pastinya membuat banyak orang yang memilki bahkan tergantung akannya. Apalagi bagi Anda yang memang setiap harinya bergulat dengan berbagai data yang ada di komputer. Keberadaan flashdisk pastinya akan sangat membuat pekerjaan menjadi jauh lebih efektif.

Untuk itulah, akan menjadi masalah besar apabila flashdisk yang dimiliki ternyata mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang paling sering terjadi pada flashdisk adalah flashdisk yang tidak bisa dibaca. Apabila hal ini sampai terjadi maka pastinya akan sangat menyusahkan karena Anda tidak bisa memanfaatkan berbagai file penting yang tersimpan di flashdik. Untungnya, ada tips perbaiki flashdiks yang sulit dibaca dengan praktis seperti berikut ini.

Baca Juga Cara Mengatasi Virus di Flashdisk Secara Portabel

Tips Perbaiki Flashdisk yang Sulit Dibaca dengan Praktis

Tips Perbaiki Flashdisk Sulit Dibaca

1. Cek Port USB

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek port USB pada PC atau laptop yang digunakan. Bukan tanpa alasan karena terjadi kondisi flashdisk yang tidak terbaca maka besar kemungkinannya memiliki hubungan dengan port USB. Besar kemungkinannya bahwa port USB tersebut mengalami kerusakan sehingga flashdisk yang Anda miliki tidak terbaca. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek port USB tersebut. Selain itu, coba hubungkan flashdisk yang dimiliki dengan port USB PC lain. Apabila flashdisk bisa terbaca maka besar kemungkinannya bahwa kerusakan tersebut terjadi pada port USB tersebut.

2. Cek Flashdisk

Apabila tidak ada masalah pada port USB yang Anda miliki maka besar kemungkinannya bahwa kerusakan tersebut terjadi di flashdisk yang dimiliki. Soalnya apabila flashdisk yang Anda miliki ternyata mengalami kerusakan maka bisa dipastikan bahwa akan berdampak membuat flashdisk tersebut tidak bisa terbaca. Jadi pastikan terlebih dulu kondisi flahsdisk yang Anda miliki sebelum nantinya disambungkan dengan port USB yang dimiliki. Apabila memang diketahui terdapat kerusakan maka sebaiknya Anda mulai mengganti flashdisk tersebut dengan flashdisk yang baru supaya semua filenya bisa terbaca kembali.

3. Lakukan Scanning Flashdisk

Jika terjadi masalah pada flashdisk yang dimiliki maka sebaiknya Anda segera melakukan scanning. Tidak terkecuali masalah flashdisk yang sulit terbaca seperti yang satu ini. Seperti yang diketahui bahwa proses scanning memang sudah lama diandalkan untuk melakukan proses perbaikan pada masalah flashdisk yang dimiliki.  Jadi segera melakukan proses scanning ini untuk bisa memperbaiki flashdisk tersebut.

4. Format Flashdisk dengan CMD

Melakukan format juga bisa dijadikan solusi atas berbagai permasalah berat yang dialami terhadap tiap jenis perangkat. Hal yang sama juga bisa diterapkan pada flashdisk yang mengalami sulit dibaca ini. Bedanya adalah Anda melakukan format flashdisk dengan CMD seperti yang satu ini. Sesuatu yang tentunya tidak terlalu sulit dilakukan.

5. Format Flashdisk dengan Disk Management

Sedangkan cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan memformat flashdisk tersebut dengan Disk Management. Cara yang satu ini sendiri hampir sama dengan cara seperti di atas hanya beda metodenya saja. Namun perlu diingat juga bahwa ketika Anda memilih cara yang satu ini maka juga harus siap dengan risiko semua data pada flashdisk yang terhapus.

Baca Juga 2 Cara Mengembalikan File Yang Hilang Di Flashdisk Dengan Mudah

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang tips perbaiki flashdisk yang sulit dibaca dengan praktis. Jadi apabila nantinya Anda menghadapi masalah seperti yang satu ini maka Anda sudah tahu benar bagaimana untuk mengatasinya secara tepat.