Tips Praktis Menghapus Bloatware pada Ponsel Android Anda

Tips Praktis Menghapus Bloatware pada Ponsel Android Anda

Aplikasi pastinya menjadi bagian penting sekaligus menjadi bagian tidak terpisahkan dari setiap ponsel pintar. Tidak terkecuali untuk ponsel Android yang tentunya bisa berfungsi secara maksimal karena adanya aplikasi yang ada di dalamnya. Aplikasi ini terdapat dua jenis yaitu aplikasi bawaan dan aplikasi yang mesti Anda unggah terlebih dulu. Untuk aplikasi yang bawaan ini tentunya memang sudah satu paket di dalam ponsel ketika Anda membelinya.

Jadi bisa dibilang, Anda tidak akan bisa menolak kehadiran dari aplikasi bawaan tersebut. Namun seperti yang diketahui juga bahwa aplikasi bawaan ini akan memakan banyak sekali memori internal Anda. Sesuatu yang kemudian akan menjadi masalah tersendiri ketika Anda ingin menginstall aplikasi yang lain tapi ternyata memori tidak cukup. Untuk itulah, berikut ini ada tips praktis menghapus bloatware pada ponsel Android Anda.

Baca Juga Cara Mudah Mengatasi Penyimpanan Internal HP Android Penuh Dengan Mudah

Tips Praktis Menghapus Bloatware pada Ponsel Android Anda

Daftar isi

1. Download Aplikasi CCleaner

Download CCleaner

Baca trik  Trik Paling Efektif Menghack Password Wifi dengan Router Modem

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunggah aplikasi CCleaner terlebih dulu. Soalnya aplikasi satu inilah yang nantinya akan membantu Anda dalam menghapus Bloatware dari ponsel Android Anda. Tidak perlu bingung karena Anda bisa menemukan aplikasi yang satu ini di Google Play Store. Setelah menemukannya maka segeralah install aplikasi yang satu ini dan lantas jalankan. Namun tidak ada salahnya untuk memastikan terlebih dulu bahwa aplikasi tersebut sudah terinstal dengan sempurna di ponsel Anda.

2. Pilih App Manager

Ketika Anda sudah mulai bisa menjalankannya maka segeralah buka menu option pada aplikasi ini. Bagi Anda yang belum tahu, menu Option ini sendiri terletak pada bagian kiri atas. Jadi nantinya akan lebih mudah bagi Anda menemukan menu yang satu ini. Setelah itu, Anda bisa langsung memilih bagian App Manager yang tersedia. Hanya saja, perlu diingat oleh Anda untuk jangan sampai salah dalam menjatuhkan pilihan.

3. Ketahui Jenis Aplikasi

Langkah berikutnya yang mesti Anda lewati adalah memilah mana jenis aplikasi yang bisa dihapus dan mana yang tidak. Perlu diketahui pada menu App Manager ini maka Anda akan diberikan tiga pilihan tentang aplikasi yang ada. Tiga pilihan tersebut adalah Installed, System dan Disabled. Untuk Installed maka akan merujuk pada jenis aplikasi yang sudah terinstal pada ponsel Android yang Anda miliki. Lalu ada System yang akan merujuk pada jenis aplikasi yang sangat mendukung sistem dari ponsel Android yang dimiliki. Terakhir, adalah Disabled yang merujuk pada aplikasi yang telah dinonaktifkan pada ponsel Android Anda. Perlu diingat oleh Anda untuk tidak pernah menghapus aplikasi yang memilki tanda maupun ikon Androidnya. Soalnya apabila Anda menghapus aplikasi tersebut maka bisa dipastikan sistem dari ponsel Android Anda akan mengalami gangguan.

4. Hapus Aplikasi

Langkah terakhir yang mesti Anda lakukan tentunya adalah dengan menghapus aplikasi tersebut. Diawali dengan Anda yang memilih Tab System dan kemudian Anda memilih mana aplikasi bawaan yang ingin dihapus. Jangan lupakan untuk memasukan aplikasi tersebut ke dalam ikon yang bergambar tong sampah yang biasanya berada di bagian bawah aplikasi. Terakhir adalah pilih Reboot Now untuk menghapus aplikasi tersebut dari ponsel Android Anda untuk selamanya.

Baca trik  3 Cara Mengembalikan Aplikasi Google Maps Yang Hilang Di HP Android

Baca Juga Cara Mengganti Font Di HP Android Dengan Mudah

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang tips praktis menghapus bloatware pada ponsel Android Anda. Jadi bagi Anda yang memang memiliki niatan untuk menghapus aplikasi bawaan untuk lebih melegakan memori internal maka cara di atas bisa dijadikan solusi terbaiknya.

Tips Praktis Menghapus Bloatware pada Ponsel Android Anda oleh agung rating 5