Tutorial Terbaik Merawat Hardisk Laptop Supaya Awet

  • Whatsapp
Tutorial Terbaik Merawat Hardisk Laptop Supaya Awet

Setiap pemilik laptop pastinya mendambakan laptop yang dimiliki selalu berada dalam kondisi dan performa terbaiknya. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja maupun performa dari laptop itu sendiri adalah hardisk yang dimiliki. Semakin tangguh performa hardisk yang dimiliki maka semakin tangguh juga performa laptop yang dimiliki. Namun seperti yang diketahui bahwa dengan berjalannya waktu maka kualitas hardisk laptop akan menurun.

Kondisi inilah yang penting sekali bagi Anda untuk mampu merawat hardisk tersebut. Sayangnya, merawat hardisk laptop memang bukanlah sebuah perkara yang mudah. Apalagi bagi Anda yang tergolong masih pemula dan masih belum tahu seluk beluk dari perawatan hardisk laptop ini. Untungnya, ada tutorial terbaik merawat hardisk laptop supaya menjadi lebih awet seperti berikut ini.

Baca Juga Cara Merawat Hardisk Laptop Supaya Lebih Tahan Lama

Tutorial Terbaik Merawat Hardisk Laptop Supaya Awet

Tutorial Merawat Hardisk Laptop

1. Simpan Laptop di Atas Meja

Tutorial pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat hardisk laptop menjadi lebih terawat hingga menjadi lebih awet adalah dengan memperhatikan penyimpanan sekaligus peletakannya. Usahakan untuk tidak meletakan laptop ini di alas yang terlalu lembut seperti kasur atau bantal. Soalnya hal tersebut akan membuat sirkulasi udaranya menjadi tertahan dan membuat laptop menjadi cepat panas. Sesuatu yang kemudian akan berdampak langsung pada kondisi laptop yang mudah rusak. Sebaiknya Anda meletakan laptop ini di alas yang datar dan stabil seperti meja yang lebih aman tentunya.

2. Usahakan untuk Tidak Over Menyimpan Data

Hal penting berikutnya yang juga jangan sampai dilupakan adalah untuk jangan terlalu over menyimpan data pada hardisk. Penting sekali untuk memperhatikan kapasitas yang dimiliki oleh hardisk Anda. Jangan sampai Anda memaksakan kapasitas hardisk yang dimiliki dengan menyimpan terlalu banyak data. Apabila hardisk sudah berwarna merah di laptop maka itu sudah menjadi pertanda bahwa sudah terlalu banyak data yang tersimpan. Soalnya apabila Anda tetap memaksakan untuk menyimpannya maka akan semakin menurunkan performa dari hardisk laptop itu sendiri. Sesuatu yang sebaiknya Anda hindari saja.

3. Hapus Data yang Tidak Perlu

Sebagai pemilik laptop maka Anda juga harus rutin melakukan pembersihan data yang sudah tidak perlu di memori laptop. Namun, jangan sampai Anda melakukan kesalahan yaitu Anda mengklik delete pada file tersebut. Soalnya apabila Anda hanya melakukan hal tersebut maka file tersebut tidak benar-benar terhapus tapi hanya berpindah ke recyle bin. Guna benar-benar menghapuskannya maka Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sebut saja seperti CCleaner yang nantinya akan membantu membersihkan file secara sempurna sehingga tidak membebani hardisk laptop.

4. Jaga Suhu Hardisk

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa menjaga suhu hardisk ternyata tergolong sangat penting untuk menjaga keawetan hardisk itu sendiri. Sebaiknya pastikan bahwa suhu hardisk tidak terlalu tinggi karena akan menyebabkan kerusakan. Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk rutin membersihkan hardisk tersebut dari debu yang menempel.

5. Gunakan Antivirus yang Andal

Sedangkan cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan antivirus yang andal pada laptop yang dimiliki. Bukan tanpa alasan karena antivirus ini akan mampu membersihkan berbagai virus maupun file berbahaya. Soalnya apabila dibiarkan maka virus tersebut bisa mempengaruhi performa hardisk hingga menurun. Sesuatu yang pastinya tidak Anda inginkan sampai terjadi.

Baca Juga Pentingnya USB Hub Untuk Komputer Atau Laptop

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang tutorial terbaik merawat hardisk laptop supaya menjadi lebih awet. Jadi bagi Anda yang tidak ingin hardisk laptop menjadi cepat rusak maka bisa mencontoh cara di atas.

Komentar ditutup.