Tutorial Termudah Mentransfer Data dari Ponsel Baru ke Ponsel Lama

Tutorial Termudah Mentransfer Data dari Ponsel Baru ke Ponsel Lama

Memiliki ponsel baru pastinya menjadi hal yang membahagiakan bagi siapapun. Soalnya dengan ponsel baru ini pastinya membuat Anda memiliki ponsel dengan fitur yang lebih upgrade dari ponsel sebelumnya. Namun ada satu masalah yang seringkali mesti dihadapi oleh setiap pemilik ponsel baru.

Masalah tersebut adalah harus mentransfer data dari ponsel baru ke ponsel lama. Seperti yang diketahui proses mentransfer data ini seringkali merepotkan dan juga membutuhkan waktu lama. Tidak heran apabila kemudian banyak orang yang enggan untuk melakukannya.

Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa data di ponsel lama tergolong penting dan tentunya Anda tidak ingin kehilangannya. Untungnya, sudah ada tutorial termudah mentransfer data dari ponsel baru ke ponsel lama seperti berikut ini.

Baca Juga Tips Recovery Data pada Ponsel Android dengan 5 Aplikasi Berikut

Tutorial Termudah Mentransfer Data dari Ponsel Baru ke Ponsel Lama

Tutorial Termudah Mentransfer Data

1. Install Aplikasi Phone Clone

Download Aplikasi Phone Clone

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan adalah dengan mengsintall aplikasi Phone Clone terlebih dulu. Bukan tanpa alasan karena aplikasi satu inilah yang nantinya akan membantu sekaligus memudahkan Anda dalam melakukan transfer data.

Untuk bisa mengunduhnya sendiri, Anda bisa mencarinya di Google Play Store dan App Store. Jadi tentunya Anda sudah tidak perlu lagi kesulitan maupun kebingungan lagi dalam mencari aplikasi yang satu ini. Pastikan Anda mengunduh dan menginstall aplikasi ini secara sempurna di ponsel yang dimiliki.

2. Mulai Gunakan Ponsel

Jika Anda sudah selesai mengisntall aplikasi phone Clone tersebut maka langkah selanjutnya yang dilakukan adalah dengan mulai menggunakan ponsel lama Anda. Tentunya ponsel lama yang datanya ingin Anda transfer ke ponsel baru.

Nantinya di ponsel lama tersebut, Anda pilih menu “This is the old phone”. Apabila sudah, barulah Anda berpindah ke ponsel baru yang ingin jadi tempat perpindahan data tersebut. Nantinya di ponsel baru tersebut, Anda memilih pilihan “this is the new phone”.

3. Berikan Izin Aplikasi

Langkah berikutnya yang mesti Anda lakukan adalah dengan memberikan izin aplikasi pada aplikasi yang sudah diinstal tersebut. Soalnya apabila Anda tidak memberikan izin pada aplikasi ini maka tentunya aplikasi ini tidak bisa bekerja seperti seharusnya.

Jadi untuk membuat aplikasi ini bisa bekerja maka pastikan terlebih dulu bahwa Anda sudah memberikan izin pada aplikasi tersebut. Setelah Anda memberikan izin ini maka aplikasi sudah bisa mulai mengakses berbagai file yang ada di ponsel Anda.

4. Pilih Sistem Operasi

Selanjutnya adalah Anda mesti memilih sistem operasi yang digunakan pada ponsel Anda. Seperti yang diketahui bahwa ada dua jenis sistem operasi pada ponsel yaitu Android atau IOS. Jadi pastikan terlebih dulu bahwa Anda sudah memilih sistem operasi yang tepat pada ponsel.

5. Hubungkan dengan Wifi

Lanjutkan dengan mulai menghubungkan kedua ponsel tersebut dengan jaringan Wifi. Sangat disarankan untuk lebih menggunakan jaringan Wifi supaya proses pemindahan data ini bisa berjalan lancar dan juga lebih cepat.

6. Pastikan Centang Hijau

Jika kedua ponsel tersebut sudah terhubung dengan Wifi maka pastikan bahwa muncul centang hijau di antara kedua ponsel tersebut. Alasannya adalah centang hijau tersebut menandakan bahwa kedua ponsel sudah siap untuk melakukan proses transfer File.

7. Tunggu hingga Selesai

Sedangkan langkah terakhir yang mesti Anda lakukan adalah dengan menunggu proses pemindahan file ini benar-benar selesai. Untuk waktunya sendiri akan sangat tergantung dengan jumlah dan ukuran file.

Baca Juga Cara Menyiasati Storage Ponsel Android yang Sudah Penuh

Dengan semua penjelasan di atas pastinya membuat Anda lebih paham tentang tutorial termudah mentransfer data data dari ponsel lama ke ponsel yang baru. Jadi Anda tidak akan mengalami kesulitan lagi.